Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 06 Maret 2009

Gigi Putih Dengan Veneer

veneer gigi putihTidak semua gigi bisa diputihkan dengan perawatan bleching di dokter gigi. Apabila dokter gigi Anda menyatakan bahwa gigi Anda tidak akan bisa diputihkan maksimal dengan perawatan bleaching, mungkin dia akan menawarkan suatu perawatan yang dijamin bisa membuat gigi Anda putih.


Perawatan alternatif selain bleaching adalah veneer. Veneer merupakan suatu lapisan tipis bahan tambal yang menutupi permukaan bagian luar gigi sehingga gigi Anda yang mengalami perubahan warna tidak akan terlihat. Bahan tambal yang digunakan dapat berupa resin komposit ataupun perselen. Biasanya veneer yang menggunakan bahan porselen biayanya lebih mahal daripada komposit, namun warnanya putihnya lebih tahan lama dan relatif lebih kuat.

Sebelum veneer dipasang, biasanya permukaan luar gigi Anda akan dikurangi sedikit dengan menggunakan bor. Bagian yang dikurangi biasanya hanya pada bagian luar gigi saja yang dapat terlihat orang dari depan. Tujuannya adalah untuk menyediakan tempat bagi selapis tipis bahan tambal yang akan digunakan, dan bagi bahan resin komposit hal ini dilakukan agar bahan tambal dapat melekat ke permukaan gigi dengan kuat.

veneer gigi putihKeuntungan perawatan veneer ini adalah Anda bisa memilih sendiri warna gigi yang diinginkan sampai ke warna gigi yang paling putih. Namun, biasanya dokter gigi tidak menyarankan warna gigi yang sangat putih karena gigi Anda malah akan terlihat palsu. Tentunya dokter gigi Anda akan membantu Anda memilih warna gigi yang cocok untuk Anda.

Selain untuk membuat gigi tampak putih, veneer juga dapat dipakai untuk memperbaiki bentuk gigi. Misalnya apabila gigi Anda bentuknya terlalu kecil, ataupun tidak simetris antara gigi di sisi kanan dengan yang di sisi kiri.


Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Dukung selalu Gigi Sehat Badan Sehat di setiap kunjungan Anda:

100 Blog Indonesia Terbaik
100 Blog Indonesia Terbaik

My site was nominated for Best Foreign Language Blog!

Kembali ke halaman utama

26 komentar:

  1. wah..pengen punya gigi putih..pasti mahal ya??

    BalasHapus
  2. perawatan estetik emang relatif mahal euy...

    BalasHapus
  3. mesti nabung dulu nih...pengen!!!

    BalasHapus
  4. hmmmm..... mngkn judulnya jgn pake "dijamin" coz kesannya kurang etis. Diinget lg kode etik. (sekedar masukan aja). Semua bahan ada kelemahan dan kelebihan....

    BalasHapus
  5. Kalo mau pke pemutih gigi yg relatif aman,, pke stroberi aja...temenku ada yg lgi bikin tuu pasta pemutih gigi alami dari stroberi..hehe..

    BalasHapus
  6. @anonim, tadinya sih maksudnya pengen bikin judul yg menarik dok...tapi jadi kayak iklan ya? ok deh, diganti ah...

    @murni, oh,pasti dari skripsinya ya?hebat euy...

    BalasHapus
  7. berapa ya kira2 harganya

    BalasHapus
  8. @anonim, harganya bervariasi...
    mungkin bisa saja sampe 500ribu untuk satu gigi...
    tapi ada juga yang murah, 100rb-an per satu gigi.

    biasanya kalo mau yang murah bisa dilakukan di instalasi pendidikan, seperti kampus kedokteran gigi, dikerjakan oleh dokter gigi yang sedang mengambil gelar spesialis.

    BalasHapus
  9. akan mempengaruhi penilaian dalam test kesehatan g semisal ketika mengikuti seleksi di angkatan (akademi militer)?

    BalasHapus
  10. GigiSehatBadanSehat11 Juni 2009 11.15

    saya sebenarnya kurang tahu mengenai penilaian tes akademi militer....

    memang ini termasuk penggunaan bahan tambal, namun tujuannya bukan untuk menambal gigi berlubang melainkan untuk kepentingan estetik...

    mungkin diperbolehkan...

    BalasHapus
  11. biasanya.. ongkos buat mutihin gigi berapa sih?
    mahal pasti...

    BalasHapus
  12. GigiSehatBadanSehat29 Maret 2010 21.47

    @Si gadis negeri Debu:
    wah..relatif, tiap dokter, klinik, ataupun rumah sakit pasti beda-beda.

    usul, kalo mau yang relatif lebih murah bisa dikerjakan di klinik milik fakultas kedokteran gigi. nanti dikerjakan oleh dokter2 yang sedang sekolah spesialis.

    BalasHapus
  13. terus kalo mo mutihin ke mana donk yang biayanya standar tapi oke kasih alamat n biayanya donk thx

    BalasHapus
  14. maaf saya mau tanya di luar topik. untuk budget memasag behel berapa biayanya ya?? dan bagai mana cara perawatan yang lengkap. serta berapa lama kita harus menggunakan.

    BalasHapus
  15. GigiSehatBadanSehat24 April 2010 08.44

    @Siti:
    coba siti dateng ke fakutas kedokteran gigi terdekat. nanti disana akan dirawat oleh dokter gigi yang sedang mengambil pendidikan spesialis. karena fakultas kedokteran gigi merupakan sekolah, maka biayanya relatif lebih murah dibandingkan di praktik swasta. kalo soal harga, silahkan tanya langsung aja ke sana, karena harga tiap fkg bisa berbeda. beda kasus n teknik perawatan harganya juga bisa beda.


    @anonim:
    biaya pemasangan behel atau kawat gigi bisa beda2, tergantung bahan atau teknik yang dipakai.
    untuk pemasangan behel paling murah dapat dilakukan di fakultas kedokteran gigi. yang saya tahu, paling murah bisa 2,5 juta di fkg unpad. di tempat lain bisa berbeda2.

    untuk perawatannya adalah dengan penyikatan gigi rutin yang caranya dapat dilihat di halaman berikut:
    http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2010/01/cara-menyikat-gigi-berkawat.html#uds-search-results

    selain itu, cara makan juga diatur. harus pelan2. dan makanan keras perlu dihindari agar bracket tidak lepas dari gigi.

    lama pemakaian bervariasi. paling cepat 1,5 tahun. namun paling sering di atas 2 tahun, bahkan bisa lebih lama tergantung kasus.

    BalasHapus
  16. apa dijamin aman bila perawatan veneer? kira2 berapa rata2 biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan veneer? makasii ...

    BalasHapus
  17. GigiSehatBadanSehat1 Mei 2010 23.42

    @anonim:
    perawatan veneer relatif aman dengan risiko yang sangat minimal. karena prosedur ini hampir sama dengan penambalan gigi, dimana permukaan gigi ditutupi oleh bahan restorasi yang biasa digunakan untuk penambalan ataupun pembuatan mahkota gigi.

    untuk biaya sangat bervariasi. untuk gambaran, ada yang 100ribuan 1 gigi, bahkan ada yang sampai 500ribu untuk 1 gigi. untuk masalah biaya silahkan ditanyakan langsung kepada dokter gigi Anda.

    BalasHapus
  18. Tolong di krimin ke email saya dunk alamat klinik atau rmh skt yg murah n bagus ..
    Emailny HanZ_GokiL90@yahoo.com
    Thx y ..^^

    BalasHapus
  19. Mau tanya ya, utk wilayah Surabaya dokter yg menguasai teknik veneer di mana ya? Veneer itu alternatif lain merapikan gigi selain menggunakan behel kan? Kalau di FKG nanti takutnya jd malapraktik, takut juga kan, mending ke dokter yg lbh berpengalaman walaupun agak mahal tp aman. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, kami tidak memiliki informasi tempat-tempat praktik dokter gigi.

      Kalau dikatakan alternatif untuk merapikan gigi tampaknya kurang tepat. Karena veneer hanya dapat mmperbaiki malposisi gigi yang sangat ringan yang mungkin kalau dilihat sekilas tidak tampak berantakan.

      Justru kalau mau perawatan yang murah dan berkualitas, FKG merupakan pilihan yang tepat. Semua pekerjaan di FKG harus dilakukan sesuai standar kerja dan teori yang ada di buku, karena semua pekerjaan mendapat pengawasan dosen. Pekerjaan yang tidak sesuai standar tidak akan diterima, dan diharuskan untuk diperbaiki sampai benar.

      Hapus
  20. Aku punya gigi hipoplasia enamel di setengah bagian gigi seri atas sebelah kanan dan di ujung gigi seri kiri bawah, dan itu sangat mengganggu penampilan...
    mungkin gag ya bisa di sembuhkan dengan perawatan, mohon solusinya?
    mksh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah bisa.
      Silakan hubungi dokter gigi terdekat, khususnya dokter gigi spesialis konservasi gigi di kota Anda.

      Hapus
  21. maaf...gigi saya hampir seluruhnya mengalami caries...saya jadi kurang pede saat ngomong ataupun senyum. apakah Veneer bisa mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perawatan karies adalah dengan penambalan. veneer berbeda dengan penambalan, karena veneer hanya merupakan lapisan tipis yang menutupi mahkota gigi.sedangkan karies atau lubang gigi harus ditutup dengan tambalan, bukan dengan lapisan tipis tersebut.

      Hapus
  22. Mau tanya.. Kan gigi saya dulu pernah lubang terus saya tambal, sekarang warnanya jadi hitam seperti busuk gitu, nah kira kira kalo divinir bisa hilang gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, silakan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter gigi terdekat, khususnya dokter gigi spesialis konservasi gigi.

      salam sehat.

      Hapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama