Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 27 Januari 2009

Dokter Gigi Spesialis

Ada 8 bagian di bidang kedokteran gigi. Pada umumnya semua dokter gigi dapat melakukan perawatan yang mencakup semua bagian ini. Namun, apabila kasus yang dialami pasien merupakan kasus yang khusus ataupun tidak biasa, biasanya dokter gigi umum ini akan merujuk pasien kepada dokter gigi spesialis.


Berikut ini adalah 8 macam dokter gigi spesialis:

1. Spesialis anak/pedodontis (Gelar: Sp. KGA)
Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien anak-anak. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan giginya sampai psikologis anak dalam hal ini apabila sang anak mempunyai masalah rasa takut terhadap dokter gigi ataupun apabila sang anak sangat sulit untuk dilakukan perawatan oleh dokter gigi umum. Anak-anak dengan keterbatasan (cacat) juga dapat dirawat oleh dokter gigi ini.

2. Spesialis konservasi gigi (Gelar: Sp. KG)
Konservasi maksudnya adalah sebisa mungkin mempertahankan dan mengembalikan fungsi normal gigi. Perawatan yang dilakukan dokter gigi ini adalah penambalan, perawatan saluran akar/endodontik (gigi yang sakit berdenyut ataupun berlubang besar), dan estetik (pemutihan dan memperbaiki bentuk gigi).

3. Spesialis gigi tiruan/prostodontis (Gelar: Sp. Pros)
Dokter gigi ini mempunyai keahlian untuk membuat berbagai jenis gigi tiruan, mulai dari yang lepasan maupun gigi tiruan cekat. Berbeda dengan tukang gigi yang mungkin Anda jumpai di jalan-jalan, dokter gigi ini juga mempertimbangkan agar gigi tiruan tersebut dapat diterima secara biologis oleh mulut sehingga aspek kesehatan mulut tetap terjaga.

4. Spesialis penyakit mulut (Gelar: Sp. PM)
Untuk kasus-kasus penyakit mulut yang tidak biasa, seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh, berbagai luka maupun kelainan di mukosa mulut, biasanya ditangani oleh dokter gigi ini mulai dari diagnosis sampai perawatannya. Terkadang dokter gigi ini bekerja sama dengan spesialis bedah mulut apabila diperlukan tindakan pembedahan.
5. Spesialis bedah mulut (Gelar: Sp. BM)
Ahli bedah mulut melakukan berbagai perawatan bedah seperti membuang kista, tumor, ataupun pencabutan gigi yang sulit. Mereka juga memperbaiki patah ataupun retak tulang rahang, maupun masalah sendi rahang yang memerlukan tindakan bedah. Selain itu, ahli bedah mulut juga melakukan tindakan seperti bedah plastik untuk memperbaiki wajah, misalnya pada kasus bibir sumbing.
6. Spesialis kawat gigi/ortodontis (Gelar: Sp. Ort)
Perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan susunan gigi yang rapi dan teratur dilakukan oleh ortodontis. Namun, untuk kasus yang sederhana masih bisa dilakukan oleh dokter gigi umum.


7. Spesialis periodonsia (Gelar: Sp. Perio)
Dokter gigi ini menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan jaringan pendukung gigi diantaranya gusi, dan jaringan pendukung gigi lainnya yang lebih dalam. Perawatan yang dilakukannya mulai dari skeling membersihkan karang gigi, sampai bedah periodontal.

8. Spesialis radiologi kedokteran gigi (Gelar: Sp. RKG)
Bidang ini dapat dibilang masih cukup baru dijadikan spesialisasi. Dokter gigi ini secara khusus mempelajari bidang radiologi kedokteran gigi, menganalisis dan menginterpretasikan gambaran radiografi dari rongga mulut dan jaringan sekitarnya.



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Dukung selalu Gigi Sehat Badan Sehat di setiap kunjungan Anda:

100 Blog Indonesia Terbaik
100 Blog Indonesia Terbaik

My site was nominated for Best Foreign Language Blog!

Kembali ke halaman utama

23 komentar:

  1. helloooooooooooooooooooooooooooo
    salam knal yah

    BalasHapus
  2. Saya lagi sering ketumuan dengan dokter Spesialis kawat gigi/ortodontis (Gelar: Sp. Ort)

    Mungkin masih satu tahun ke depan!

    http://ummul-orthodonti.blogspot.com
    (ya... tentu pasien orthodonti lah)

    BalasHapus
  3. salam..
    saya laki2, umur 32 thn, punya keluhan mohon di respon,...
    gigi geraham belakang saya dlm proses tumbuh, rasanya ngilu, saya kira itu normal, tp ngilunya enggak hilang selama 1 bulan ini, trus saya periksakan ke dokter umum, diagnosa dokter gusi saya menghalangi pertumbuhan geraham belakang saya, solusinya operasi kecil untuk memberi jalan geraham tumbuh,
    pertanyaan saya, apakah itu solusi terakhir dan terbaik? dan penjelasan yg dimaksud operasi kecil di gusi saya...
    terimakasih atas perhatiannya,
    salam

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat12 September 2011 06.40

    @zai:
    itu merupakan solusi terbaik apabila memang gigi kesulitan untuk memperoleh jalan keluar. operasi kecil itu merupakan operasi yang tidak membutuhkan anestesi umum,cukup penyuntikan pada daerah yang sakit,sehingga pasien masih sadar sepenuhnya.

    pembukaan jalan keluar gigi bukan satu2nya pilihan perawatan. Pilihan selanjutnya adalah pembukaan jalan keluar gigi yang diikuti dengan pengambilan atau pencabutan gigi tersebut.

    Pertimbangan pencabutan gigi bungsu adalah karena posisinya yang sering kali sulit untuk dibersihkan maka gigi bungsu sangat rentan untuk berlubang dan mengalami peradangan gusi. Selain itu, gigi bungsu tidak terlalu berperan penting dalam proses pengunyahan. Jadi, sebelum gigi bungsu tersebut menimbulkan masalah2 seperti di atas, maka dilakukan tindakan pencegahan dengan cara dicabut.

    BalasHapus
  5. Kalau graham bungsunya gak tumbuh sempurna keluar/agak miring , mungkin kalau mau dihilangkan dgn cara dicabut (bukan oprasi)
    Bagusnya ke spesialis yg mana? Karna saya kurang comfort jika dgn drg umum

    Trims

    BalasHapus
  6. @fitri:
    Ke spesialis bedah mulut.
    Perlu diketahui bahwa semua tindakan pencabutan gigi sebenarnya adalah termasuk tindakan operasi. Jadi kurang tepat kalau fitri menyebutnya bukan operasi.

    Khusus untuk pengambilan gigi geraham bungsu yang sulit,diperlukan suatu prosedur untuk memudahkan pengambilan giginya yang disebut odontektomi. Yaitu berupa pemotongan gigi menjadi beberapa bagian, membuka gusi yang menutupi sebagian permukaan gigi, ataupun pembuangan sebagian tulang yang menahan gigi.

    BalasHapus
  7. Tanya lg donk

    Klo di klinik tersebut umpama drg.Sp.BM-nya lagi gak ada, altrnatif drg-nya apa ya...klo Sp.KG gmn?

    Makasih yaa :-)

    BalasHapus
  8. @fitri:
    Masing2 dokter sudah punya tugasnya masing2. mungkin bisa saja drg sp kg mengerjakan. Namun, karena ini perbuatan ilegal mereka biasanya menolak untuk melakukannya.

    Kalau oleh drg umum biasany masih bisa karena wilayah kerjanya hampir di semua bidang.

    BalasHapus
  9. Selamat Siang Dok. Mau tanya nih, kalau kedokteran gigi itu pendidikannya kira2 berapa tahun? Dan Fakultas terbaik untuk bagian ini dimana ya? FKG UI dengan FKG UPN mana yang lebih bagus? Sebelum menjadi Dokter apa ada pemeriksaan di seluruh badan/tubuh? Terimakasih.

    Mohon jawabannya ya Dok, Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pendidikan sarjana kedokteran gigi sekitar 4 tahun (mendapat gelar sarjana), sedangkan bila ingin mengambil gelar dokter gigi harus ikut lagi pendidikan koas/profesi selama sekitar 2 tahun. Jadi total sekitar 6 tahun.

      Maaf kami tidak bisa menjawab universitas mana yang lebih bagus.

      Tidak ada pemeriksaan seluruh badan bila ingin menjadi dokter.

      Salam sehat.

      Hapus
  10. selamat siang Dok. sy adalah pasien Dr.gigi yg abadi sejak kelas 3 SD sampe usia 35 th sy sudah cabut gigi sebanyak 7 kali (NB:pertama dicabut waktu klas 3 SD itu langsung sebanyak2 gigi) belum termasuk periksa lain2 terkait keluhan gigi& gusi ..sy kenal teknologi kawat gigi baru aja,seandainya saja sy tau sejak awal shg susunan gigi sy tdk seburuk ini shg mengakibatkan setiap tahun hrs periksa ke dokter gigi.Dokter..apakah susunan gigi dan gusi yg terlanjur acak2an di usia sy gini masih ada solusinya dok? kt dokter gigi pribadi sy tersebut bahwa butuh perawatan ekstra dibanding orang lain..(berapapun sy berani bayar demi kesehatan gigi sy dok)asal sy gak berurusan dgn sakit gigi...terima kasih sebelumnya dok.

    BalasHapus
  11. iya nih saya kemarin ke dokter gigi umum, gigi saya berlubang besar banget, katanya musti dicabut, waduh, menurut saya seharusnya masih bisa dipertahankan, saya mau coba ke Sp.KG mudah-mudahan vonis dokter tidak mencabut gigi tapi dipertahankan

    BalasHapus
  12. Dok mau bertanya...rekomendasi Sp.KG yang bagus di bandung dimana ya dok? Need it urgent terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr taufik hidayat di rs melinda bandung

      Hapus
  13. Selamat pagi dok, begini dok tulang rahang saya bunyi klotak klotak kalo lagi makan itu knp ya dok ya? Dulu emang pernah ada trauma. Kalo sy pergi ke spesialis lebih baik sy pilih spesialis yg mana ya?

    BalasHapus
  14. di bandung klo ingn ketemu drg sp.pros d mn y alamtnya? help plis

    BalasHapus
  15. maaf.. mau tanya drg sp. periodontie di bandung dimana ya? gusi saya bengkak, dah ke drg tapi ga sembuh2. padahal gigi saya ga bermasalah, ga berlubang dan masih bagus. mohon infonya ya... plssss... tq..

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum dok..
    Kurang lebih 3 bln yg lalu saya sakit gigi. Seluruh gigi bawah bagian kanan saya sakit, serta terjadi pembengkakan yg besar.. setelah 1 minggu, sakitnya hilang, pembengkakan juga hilang, namun di rahang bagian bawah sebelah kanan terdapat benjolan kecil..
    dan 3 mnggu yg lalu saya terkena hal yg sama.. namun kali ini benjolan di rahang kanan bawah lebih besar dari yg kemarin.. sampai sekarang benjolan itu masih ada, meskipun tidak terlalu terlihat jelas..
    dok, apakah ini hanya sakit gigi biasa atau ada hubungan dengan tumor ? Mohon penjelasannya dok.. terima kasih

    BalasHapus
  17. Asalamualaiqum dok,,
    Saya mau bertanya,,, gigi kiri bawah saya bolong dan udah patah dedikit,, kmudian hmpir seminggu saya merasakan sakit gigi, sampai tdk bsa makan,, dan pada malam hari dari lubang gigi keluar darah sdkit,,, pertanyaan saya apakah saya bisa menambal gigi saya yang bolong dan udah patah sdkit bgian sampingnya,,,, saya umur 21 thun,, mohon di jawab ya dok..

    BalasHapus
  18. Saya pria ber umur 18thn
    Dok saya mau tanya, gigi graham atas saya berlubang cukup besar dan sudah patah sekitar 35%, apa masih bisa di perbaiki menjadi normal kembali / (proses penumbuhan kembali)
    Mohon dengan sangat bantuannya dok...

    BalasHapus
  19. Saya pria ber umur 18thn
    Dok saya mau tanya, gigi graham atas saya berlubang cukup besar dan sudah patah sekitar 35%, apa masih bisa di perbaiki menjadi normal kembali / (proses penumbuhan kembali)
    Mohon dengan sangat bantuannya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. *bantu jawab
      Tidak bisa tumbuh lagi. Setau saya bisa diperbaiki dengan restoration tergantung bagaimana kondisi gigi anda, sebaiknya anda ke drg spKG untuk konsultasi dan tindakan mana yg terbaik utk gigi anda. Terima kasih

      Hapus
  20. Saya berumur 15 tahun..
    Saya mau nanya,gigi 4 depan atas saya rusak..kalau mau dicabut dengan sekaligus bahaya atau tidak..dan ada efeknya tidak dok??

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama