Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 21 Januari 2009

Alat Baru Untuk Menjaga Kebersihan Mulut

Inspektor TC untuk melihat plak gigi
Sebuah alat baru telah dikembangkan oleh ilmuwan di University of Liverpool untuk membantu meningkatkan kebersihan mulut.


Alat seukuran sikat gigi dengan merek Inspektor TC ini, dapat mengeluarkan sinar biru pada ujungnya. Apabila plak pada gigi disinari dengan alat ini dan dilihat melalui kacamata kuning dengan filter warna merah, maka plak akan terlihat berwarna merah menyala.

Alat ini didesain untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Dan akan sangat membantu orang dalam meningkatkan kebersihan mulutnya, terutama manula dan anak-anak.

Plak yang merupakan penyebab utama dari lubang gigi dan radang gusi, sangat sulit dilihat dengan mata karena tidak berwarna, terutama pada tahap awal pembentukanya.

Sebelumnya untuk melihat keberadaan plak, dokter gigi menggunakan pewarna plak gigi yang disebut dengan nama disclosing agent. Dengan bahan ini, dokter gigi dapat menilai seberapa bersih seseorang menyikat gigi.

Disclosing agent ini juga dapat dipakai untuk penggunaan di rumah, dan sangat dianjurkan terutama untuk melatih anak-anak dalam menyikat gigi. Biasanya tersedia dalam berbagai bentuk: cairan, gel, ataupun tablet. Namun bahan ini dapat membuat pewarnaan pada mukosa mulut, walaupun tidak bersifat permanen.

Plak berwarna merah menyala dilihat menggunakan Instektor TCMungkin sebelum alat ini beredar di Indonesia, Anda dapat melatih anak Anda menyikat gigi menggunakan disclosing agent. Biasanya sediaan yang paling murah adalah yang berbentuk cairan.

Caranya:

1. Aplikasikan disclosing agent pada gigi anak. Teteskan di bawah lidah dan instruksikan anak untuk mengoleskannya ke seluruh gigi menggunakan lidahnya. Akan lebih baik bila disclosing agent diteteskan langsung pada gigi. Untuk yang tablet dan gel, dapat Anda lihat instruksinya di kemasan.

2. Perlihatkan di cermin bahwa noda-noda berwarna yang terdapat di gigi adalah plak yang harus dibersihkan.

3. Ajarkan anak Anda cara menyikat gigi menggunakan metode yang tepat. Hadapkan anak Anda ke cermin, agar dia dapat melihat dirinya menyikat gigi.

4. Setelah menyikat gigi selesai, aplikasikan kembali disclossing agent. Perlihatkan kepada anak Anda apakah masih ada noda-noda berwarna yang masih tertinggal di giginya.

5. Instruksikan kembali anak Anda untuk menyikat gigi dan menghilangkan sisa-sisa plak yang masih tertinggal.

Selama proses ini Anda dapat menjelaskan bahwa plak merupakan penyebab gigi berlubang dan sakit gigi. Dan sangatlah penting untuk menjaga kebersihan mulut setiap harinya.

Untuk mengetahui metode menyikat gigi yang tepat dan mudah bagi anak, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter gigi Anda.

Okay, have fun with your kids!

New Tool To Improve Oral Hygiene Developed By Scientists

Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Dukung selalu Gigi Sehat Badan Sehat di setiap kunjungan Anda:

100 Blog Indonesia Terbaik
100 Blog Indonesia Terbaik

My site was nominated for Best Foreign Language Blog!

Kembali ke halaman utama

8 komentar:

  1. disclosing itu belinya dimana ya???

    BalasHapus
  2. wah, ini mah kayaknya mahal ya alatnya...

    BalasHapus
  3. @nana: disclosing itu bisa dibeli di toko yang jual alat kedokteran gigi atau toko dental...
    emang jarang ada yang jual sich...

    BalasHapus
  4. kira2 kpn mulai adanya di indonesia ya? bagus jg tuh... kbr2-i yaaah...

    BalasHapus
  5. kabarnya alat ini baru aja mau diproduksi untuk masyarakat umum...iya, kalo ada yang tau uda ada atw blom di indo kabar2in aja ya...

    tapi setuju dech ama eksel, kayaknya alatnya mahal...

    BalasHapus
  6. Cara paling mudah dan murah mngkn pake pewarna kue yg berwarna merah...

    BalasHapus
  7. @sejawat, hehee...jadi ingat waktu kkn....bisa dipake tuh tipsnya...

    BalasHapus
  8. Pak/bu dokter gigi,

    Saya mo cari obat pembersih gigi untuk membersihkan bekas2 nikotin akibat merokok. Dulu sekitar 5 tahun lalu pernah beli obat merk OCO di salah satu toko dental di Jakarta. Kemarin coba sambangi toko yang sama ternyata sudah tutup & nggak tahu pindah kemana.

    Mo tanya, apakah pak/bu dokter bisa kasih info dimana saya bisa dapatkan obat yang dimaksud. Syukur2 kalau lokasinya dekat daerah Sunter/Jakarta Utara.

    Terima kasih sebelumnya atas tanggapan yang diberikan. Mohon maaf agak OOT (out of topic) dari bahasan artikel diatas.

    Salam sehat,
    Ichang-
    setianto@gmail.com

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama