Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 06 Agustus 2008

Kopi Untuk Kesehatan Jantung

Hasil dari dua buah penelitian yang diterbitkan Annals of Internal Medicine merupakan berita bagus bagi para pecinta kopi. Setelah melakukan analisis terhadap catatan dari hampir 130.000 orang selama lebih dari 20 tahun hidupnya, peneliti menyatakan bahwa minum kopi boleh-boleh saja, bahkan boleh dalam jumlah yang banyak. Dan mungkin, minum kopi baik untuk jantung Anda.


Efek baik untuk jantung lebih banyak ditunjukkan pada wanita daripada...
laki-laki, walaupun pada laki-laki yang meminum lebih banyak kopi pengaruhnya lebih baik daripada yang meminum sedikit.Namun, peneliti masih belum siap untuk menyatakan bahwa kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung. Karena mereka perlu mengetahui faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi observasi mereka ini, sehingga pelu penelitian lebih lanjut.

Sambil menunggu hasil penelitian selanjutnya, paling tidak sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk meminum kopi.

A Few Mugs of Coffee a Day Keep the Doctor Away?



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.
Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Berikut ini adalah daftar urutan 100 blog Indonesia terbaik untuk hari ini:

100 Blog Indonesia Terbaik

Vote Gigi Sehat Badan Sehat untuk Blogtoplist:


Top Blogs


Kembali ke halaman utama

28 komentar:

  1. loe dah gila apa ya?? bikin tulisan yang menyesatkan gini emang gampang!! gua bisa bikin ratusan tulisan yang kayak begini..
    asal loe tau bokap gua kena serangan jantung sesaat setelah dia minum kopi, habis pun tidak kopi yang diminumnya. cukup seteguk kopi untuk membuat nyawa loe melayang..
    mending loe hapus deh nih postingan!!

    BalasHapus
  2. wooii mangkanya dijagain bokap lu kalo lagi minum kopi...jangan ampe keselek...koit dech....

    BalasHapus
  3. buat anonim no.1, dalam dunia ilmu pengetahuan untuk menyangkal hasil suatu penelitian harus dilakukan penelitian lagi...

    berarti teori ini masi kita pegang sampai ada penelitian lain yang membantahnya...

    BalasHapus
  4. sebenernya kopi itu gak begitu baik untuk kesehatan.karena jika kita nengkonsumsi kopi berlebihan dapat mengakibatkan asam lambung naik.
    kita boleh mengkonsumsi kopi tapi ada aturanya.jangan sampai berlebihan karena dapat mengakibatkan penyakit yang tidak mungkin kita ketahui.minumlah kopi yang sesuai dengan aturang yang sudah dianjurkan.
    jika anda ragu konsultasi langsung kepada dokter.

    BalasHapus
  5. GigiSehatBadanSehat8 Mei 2009 18.19

    berkonsulatsilah dengan dokter Anda setelah menerima informasi dari berbagai media ataupun penelitian...

    salam!

    BalasHapus
  6. dasar bokap loe emang jantunga..... jgn salain kopinya apalagi cuma seteguk. aku setuju kalo kopi bikin jantung sehat. emang kalau minum berlebihan ya jadi penyakit tuh.. jangankan kopi makan nasi juga koit kalo kebanyakan..

    BalasHapus
  7. udah jelas minum kopi bikin deg-degan,itu artinya kerja jantung ekstra kuat.kasih argumen akademis dong,biar kita lebih yakin.apa ngga sekalian aja diimbangi ama rokok?

    BalasHapus
  8. seperti olah raga jg memacu jantung apakah olah raga tdk sehat? tentu sehat maka proporsilah utk sgla hal.kopi bagus kok. loe aja orang indonesia goblok.

    BalasHapus
  9. bener..asal semuanya sesuai proprosi maka hasilnya akan baik..segala sesuatu harus pas, jangan berlebihan...semua yang diciptakan untuk manusia pasti ada manfaatnya, asal kita aja mesti pinter cara memanfaatkannya..

    BalasHapus
  10. betul2... jgn terlalu berlebihan mengkonsumsinya..semuanya juga ada batasannya..
    bukannya ada penelitian juga yang bilang klu kpi juga bagus untuk anak kecil.. bukan bgtu???

    BalasHapus
  11. woiii tau gak mbah surip meninggal karna apa?????????????

    BalasHapus
  12. @asepmunawar88:
    gw tau...karena perokok berat...
    efek kopinya gak mempan untuk nyelametin jantungnya...

    BalasHapus
  13. yang jelas kopi itu, ni'mat. apalagi di pagi hari + rokok tambah mantabs. he he he

    BalasHapus
  14. hati-hati yang punya penyakit mag, bisa kumat tuh......

    BalasHapus
  15. mungkin penulis artikel perlu mneyertakan jurnal atau penelitian yg menyetakan hal tersebut sehingga kita yg baca gak bingung. kita kan bicara berdasarkan data bukan asumsi atau sekedar pengalaman. harus ada data valid yg kita pegang.

    BalasHapus
  16. GigiSehatBadanSehat18 September 2010 12.29

    Kami sudah memberikan sumber referensi artikel ini melalui link yang ada di artikel tersebut. Di artikel sumbernya, terlihat bahwa sumbernya adalah Annals of Internal Medicine, June 16, 2008; vol 148; p 913.

    Sekarang kami penasaran apakah sekarang hasil penelitian ini masih sama sampai sekarang. karena artikel ini kami tulis sudah cukup lama yaitu tahun 2008.

    akhirnya melalui situs ini:

    http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=117380

    yang mengacu pada jurnal

    J. Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology: Journal of the American Heart Association, August, 2010; online edition

    dinyatakan bahwa hasil penelitian ini masih sama, yaitu kopi dapat melindungi jantung kita. Karena di dalam kopi mengandung antioksidan yang disebut flavonid yang dianggap oleh peneliti sebagai pelindung kesehatan jantung yang dapat menurunkan risiko terhadap penyakit jantung.

    Selain terdapat pada kopi, flavonoid juga terdapat pada teh, red wine, red grapes, dark chocolate, blueberries, dan red beans.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  17. menurut gue sh minum kopi g ada efeknya asal ada aturan kta minum dgn porsi y tdk brlebihan,klo mslah orang mati habis minum kopi tu mngkin dia udh ada riwayat sakit jantung,jdi kta g bsa nyalahin minum kopi yah,,,menurut para ahli kesehatan,, minum kopi itu sehari minimal 3cangkir jgn lebih,,,,,,ORTEGA

    BalasHapus
  18. Kopi juga baik untuk otak, membantu daya ingat tetap baik. tapi jika meminumnya berkelebihan tidak baik akan berakibat struk dan penyakit lainnya.

    BalasHapus
  19. Kalo minum kopi yang jelas dapat mencegah ngantuk..makanya biasanya diminum org kalo mau lembur malam..

    BalasHapus
  20. jangan lupa minum jus manggis setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung kita

    BalasHapus
  21. ya sebetulnya minum kopi itu gak begitu baik untuk kesehatan.karena jika kita nengkonsumsi kopi berlebihan dapat mengakibatkan asam lambung naik.
    kita boleh mengkonsumsi kopi tapi ada aturanya.jangan sampai berlebihan karena dapat mengakibatkan penyakit yang tidak mungkin kita ketahui.minumlah kopi yang sesuai dengan aturang yang sudah dianjurkan.

    BalasHapus
  22. Semuanya kembali kepada kita sendiri, apapun itu jika berlebihan tidaklah baik, minum kopi berlebihan, makan berlebihan, tidur berlebihan, dst apapun itu sekali lagi sangatlah tidak baik.
    yang baik adalah yang proporsional, yang seimbang menurut kebutuhan tubuh kita sendiri.

    BalasHapus
  23. sbnarnya smua da btasnya gan... jd mnum kopi sesuai aturan ja

    BalasHapus
  24. Yang pasti minum kopi dapat memicu jantung berdetak lebih cepat dari biasanya...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama