Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 20 Juli 2008

Kematian Akibat Gigi Berlubang


Apakah gigi berlubang dapat menyebabkan kematian? Jawabannya adalah ya, apabila gigi tersebut tidak dirawat dan kondisi tubuh yang lemah. Gigi yang berlubang, dapat menjadi jalan yang cukup besar bagi bakteri untuk dapat masuk ke dalam tubuh. Infeksi dari bakteri ini sebenarnya dapat dilawan karena tubuh kita memiliki sel-sel yang berperan sebagai daya tahan tubuh.

Namun, apabila daya tahan tubuh kita sedang lemah, maka infeksi bakteri akan semakin hebat. Pada tahap awal, infeksi masih terlokalisir di daerah ujung akar dari gigi yang berlubang. Biasanya akan timbul rasa tidak nyaman atau sakit saat gigi
tersebut dipakai mengunyah atau ditekan. Pada tahap ini bisa ditanggulangi dengan perawatan saluran akar gigi dan penambalan sampai penggunaan antibiotik ataupun pencabutan gigi yang terinfeksi.

Bila tidak dirawat, infeksi akan menyebar ke daerah sekitar mulut seperti pipi dan leher. Kondisi ini dapat dikatakan cukup serius, dan mengharuskan penderita untuk dilakukan pembedahan pada daerah infeksi untuk mengeluarkan nanahnya jika kondisinya memungkinkan. Penderita juga diterapi menggunakan obat-obatan antibiotik. Bila kondisi cukup parah, penderita juga diharuskan untuk dirawat inap di rumah sakit. Dan ada resiko terjadinya kematian jika kondisi pasien sangat lemah, disertai komplikasi penyakit lain ataupun perawatan yang kurang intensif. Gambar di atas adalah gambar dari infeksi dari gigi yang sudah menyebar ke daerah pipi.

Pada beberapa kasus, infeksi yang terjadi cukup hebat dan berlangsung cepat. Infeksi dapat menyebar ke daerah lain yang cukup vital yaitu ke daerah dada dan kepala. Kondisi ini sudah sangat serius dan memerlukan perawatan rumah sakit yang sangat intensif. Pada kondisi ini, khususnya infeksi ke daerah kepala, resiko kematiannya lebih besar lagi.

Dulu cukup banyak kasus kematian akibat infeksi dari gigi yang tidak ditangani dengan baik termasuk di Indonesia. Sekarang, biasanya infeksi ini sudah ditangani sejak tahap awal sehingga resiko penyebaran infeksi dan kematian dapat dihindari. Berikut ini adalah contoh kasus kematian seorang anak akibat infeksi dari gigi yang menyebar ke otak: Dentist: Death From Tooth Infection Preventable.

Sebenarnya untuk menghindari kematian akibat infeksi dari gigi sangatlah mudah. Cukup dengan menyikat gigi dengan baik, benar dan waktunya tepat serta rutin untuk memeriksa kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.


Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.
Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Dukung Gigi Sehat Badan Sehat untuk masuk ke 100 blog Indonesia terbaik dengan meng-klik link berikut:

100 Blog Indonesia Terbaik

Vote untuk Blogtoplist:


Top Blogs


Kembali ke halaman utama

146 komentar:

  1. Belum banyak orang Indonesia yang peduli pada kesehatan mulut & gigi, termasuk saya. Merujuk artikel diatas seharusnya menambah waspada dan hati-hati untuk penyakit yang satu itu. Waspadalah....waspadalah.....

    BalasHapus
  2. Iya aku baru sadar baru2 ini. Gigi ku berlubang tapi cuek aja, ditahan2 sakitnya. Baru aja kemarin sakitnya sampe ke leher wah takut banget.

    BalasHapus
  3. gigiku berlubang kecil tapi sakitnya luar biasa sampe gak nafsu segalanya, penginya gak sakit gigi saja

    BalasHapus
  4. anonim....sudah tau kan solusi nya...tinggal ke dokter aja ya...;p

    BalasHapus
  5. gigi saya banyak sekali yg berlubang,tetapi saat akan ditambal dokter malah hanya mengebor gigi saya dan tidak ditambal.Dokter beralasan gigi saya masih tidak bisa ditambal????terus apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  6. @anonim: mungkin gigi tersebut perlu dilakukan perawatan terlebih dahulu sebelum ditambal (perawatan saluran akar). karena tidak semua gigi yang berlubang bisa langsung ditambal. kalo lubangnya sudah mencapai pulpa (saraf gigi) gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.

    kami anjurkan agar Anda segera mengunjungi dokter gigi Anda untuk follow up lebih lanjut. ikuti semua instruksi yang diberikan olehnya, yaitu kapan Anda harus mengunjunginya lagi untuk dilakukan perawatan.

    apabila ada hal yang Anda ragukan atau ingin Anda tanyakan, jangan ragu2 menanyakannya dengan dokter gigi Anda. misalnya, kenapa gigi Anda tidak bisa langsung ditambal, apa ada alternatif perawatan lain, dsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gigi
      saya berlubang, pas ke dokter gigi katanya lubangnya sudah sampai
      syaraf gigi, nah abis itu gigi saya langsung di bor dan langsung
      ditambal, nah 3 hari kemudian gigi yg ditambal tsb sangat sakit apabila
      ditekan, jadi saya harus bagaimana?

      Hapus
  7. saya mau bertanya, apakah aman jika gigi berlubang setelah itu dicabut dan dipasangkan gigi buatan dengan cara ditanamkan?
    terima kasih

    BalasHapus
  8. GigiSehatBadanSehat14 Mei 2009 13.01

    @global information: aman, apabila dikerjakan oleh ahlinya, dan tentunya kondisi fisik sudah memenuhi syarat2 yang telah ditentukan dokter...

    BalasHapus
  9. kesehatan gigi gak bisa dianggap remeh ya...

    BalasHapus
  10. Saya mau tanya,apa gigi yang berlubang dan mengeluarkan darah tapi tidak sakit saat mengunyah juga berbahaya dan perlu ditambal?

    BalasHapus
  11. GigiSehatBadanSehat9 November 2009 12.24

    @anonymous:
    semua gigi yang berlubang, walaupun tidak ada keluhan haruslah mendapatkan penanganan dokter gigi. entah gigi itu masih bisa ditambal, ataupun harus dicabut. jadi, segera konsultasi dengan dokter gigi ya.

    BalasHapus
  12. saya mempunyai 3 gigi berlubang,atas 2 dan bawah 1.biasanya saya gunakan untuk mengunyah, akhir2 ini saya sering pusing, apa benar gigi berlubang bisa sebabkan pusing kepala? dan apakah aman jika gigi yang biasanya saya gunakan untuk mengunyah akan dicabut.krn saya takut apabila dicabut akan terkena syaraf. trmksh

    BalasHapus
  13. GigiSehatBadanSehat22 Desember 2009 14.53

    gigi berlubang yg terasa sakit, sakitnya bisa saja menjalar ke daerah kepala bahkan sampai ke daerah leher.

    jika kondisi dan posisi gigi bagus, aman saja untuk dicabut. setelah diperiksa, tentunya dokter gigi akan dapat menentukan apakah gigi tersebut aman untuk dilakukan pencabutan.

    pencabutan bukan satu-satunya cara untuk merawat gigi berlubang. justru ini adalah pilihan akhir. gigi belubang seharusnya ditambal ataupun dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu apabila lubang gigi sudah terlalu besar.

    salam.

    BalasHapus
  14. gigi saya berlubang dan hitam apakah itu istilah dari gigi yang busuk? apakah harus dicabut? karena kadang saya merasa pusing tapi gigi saya tidak sakit. hanya merasa tidak nyaman. rasa malu untuk ke dokter gigi kadang menjadi penghalangnya. bagaimana mengatasinya? thx.

    BalasHapus
  15. GigiSehatBadanSehat22 April 2010 21.38

    @anonim:
    gigi yang berlubang besar dan sudah berwarna kehitaman biasanya merupakan gigi yang sudah mati.

    apabila gigi tersebut masih memiliki cukup jaringan untuk ditambal, maka biasanya gigi dapat ditambal dan tidak perlu dicabut. namun, sebelum ditambal gigi perlu terlebih dahulu dilakukan perawatan saluran akar untuk membersihkan saluran akar gigi dari kuman-kuman.

    tidak perlu malu untuk ke dokter gigi, karena kasus seperti ini banyak kok dialami masyarakat di indonesia..: )

    BalasHapus
  16. aku mengalami sakit gigi dan itu selalu terasa saat malam hari> aku jadi sering mengkonsumsi ponstan. rasa sakit itu hilang kalau darah sudah keluar dari gusi. apa itu berbahaya? aku harus gmn?

    BalasHapus
  17. GigiSehatBadanSehat14 Mei 2010 09.25

    @arisandie:
    kemungkinan besar pulpa giginya sudah mengalami peradangan. untuk mengatasinya perlu dilakukan perawatan endodontik alias perawatan saluran akar.

    kondisi ini memang tidak mengancam jiwa, namun akan sangat mengganggu akitivitas sehari-hari.

    BalasHapus
  18. anak saya Alkhmdliqjji giginya bagus, cuma gmana kalo gigi susu dibiarkan tumbuh hingga dewasa bagus tidak ya?

    apakah sudah pasti gigi susu akan berganti dengan sndirinya, mskipun selalu dirawat dengan baik?

    bukankah gigi baru bisa tanggal bila ada penyebabnya?

    BalasHapus
  19. GigiSehatBadanSehat3 Juni 2010 11.07

    @ichwanabbas:

    gigi susu normalnya akan berganti dengan gigi tetap, walaupun gigi susu tersebut masih dalam kondisi yang baik.

    namun, ada beberapa hal yang menyebabkan gigi susu masih bertahan sampai orang tersebut dewasa. diantaranya tidak adanya benih gigi tetap, ataupun karena gigi susu tersebut memang tidak dapat terlepas walaupun gigi tetap penggantinya sudah keluar.

    apabila gigi tetap pengganti sudah keluar,namun gigi susu belum terlepas, maka perlu dilakukan pencabutan gigi susu. ada beberapa akibat bila gigi susu tersebut tidak dicabut, salah satunya akan menyulitkan pembersihan gigi sehingga gigi tersebut rentan berlubang dan mengalami radang gusi.

    namun, apabila tidak ada gigi tetap pengganti. maka sebisa mungkin gigi sulung tersebut dipertahankan. hal ini mungkin akan mengganggu estetik gigi, dimana terdapat ukuran gigi yang secara signifikan berbeda2. untuk mengatasinya dapat dilakukan perawatan veneer untuk memperbesar ukuran gigi susu tersebut agar ukurannya sesuai dengan gigi2 tetap disekitarnya.

    BalasHapus
  20. gigi saya bisa dibilang sudah mati dan terkadang nanah...kalau gigi dicabut apakah gusi akan bolong seperti goa...ato bisa nutup sendiri...kalau ditanam gigi palsu..bisa seperti aslinya tidak ya...saya menyesal tidak periksa gigi sejak dulu....

    BalasHapus
  21. dulu gigi saya pernah sakit karena giginya berlubang, sakitnya minta ampun deh padahal lubangnya cuman sedikit, tp sama mama di kasih obat sakit gigi yg merknya kl ga salah obat cap kakak tua, obat itu aromanya ga banget deh, setelah beberapa hari sakitnya ilang tapi malah lama kelamaan gigiku makin keropos, terus berlubangnya gede bgt, sampe akhirnya gigiku patah. saya penasaran sama gigi saya, pas saya liat dikaca ternyata gigi saya lubangnya udh dalem bgt truz warnanya udh hitam gitu, kaya'a udh sampe akar2nya tp ga terasa sakit sama sekali, truz akhir2 ini saya suka rasa nyeri di kepala. saya mau tanya itu kenapa ya? apakah hal tersebut sgt berbahaya? kl ia saya minta saran donk apa jln terbaik yg harus saya lakukan, karena kl saya k dokter gigi saya malu+takut, minta referensi dokter gigi jg donk..
    terimakasih sebelumnya, tlg d jawab ya..

    BalasHapus
  22. gigi atas tengah saya berlubang,sudah ditambal 2x tp lepas dan kembali berlubang,bahkan skrg goyang dan tidak kuat lg,skrg gigi saya skt tp saya takut ke dokter.gmn kalo harus dicabut.yang saya tau gigi atas syarafnya berhubungan dgn mata,apa bs menyebabkan kebutaan?kalo dicabut bisakah langsung dipasang gigi palsu?makasih

    BalasHapus
  23. gigi bagian atas saya berlubang, dan sudah d bor dan di tambal, bagaimana perawatannya agar tidak menyebar di gigi yang lain. trm ksh.

    BalasHapus
  24. GigiSehatBadanSehat25 Februari 2011 21.59

    @anonim 25 februari:
    pencegahan gigi yang berlubang sebenarnya cukup mudah...
    pastikan menyikat gigi yang baik dan benar 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur...

    cara menyikat gigi yang benar bisa dilihat di video berikut: http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/03/teknik-menyikat-gigi-yang-dianjurkan.html

    akan lebih baik, jika menyikat gigi juga diikuti dengan penggunaan benang gigi.

    2 hal tersebut merupakan cara dasar untuk mencegah gigi berlubang.

    untuk lebih lengkapnya mengenai kesehatan gigi dan mulut, Anda dapat membacanya di buku kami:
    Serba Serbi Kesehatan Gigi & Mulut
    http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2010/10/buku-serba-serbi-kesehatan-gigi-mulut.html

    BalasHapus
  25. alhamdulillah w sekarang tau.. bahwa gigi tu harus banyak perhatian.. sebelum kena penyakit.. mendingan di cegah.. kan mencegah itu lebih baik dari pada mengobati...

    BalasHapus
  26. Gigi sy sudah berlubang, dan nampaknya sudah cukup dalam, sehingga sering keluar darah ...
    Solusi nya gimana ya ?
    Ahmad

    BalasHapus
  27. GigiSehatBadanSehat11 Maret 2011 00.50

    @ahmad:
    solusinya mungkin ada 2...
    bila kondisi jaringan yg tersisa masih cukup untuk ditambal, maka gigi dapat dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu, lalu ditambal tetap..

    bila tidak memunginkan untuk ditambal, mau tidak mau harus dicabut.

    BalasHapus
  28. Prwtm akar gigi tu sprt apa sih? Coz ak td dr dr.gigi kptsnx gigi dtmbl tp prwtn akr gusi dl,trus endingny gigiku dksh pasta n stlhny skt.pertnyaany pasta pth itu buat nmbl gigi or prwtn gusi

    BalasHapus
  29. GigiSehatBadanSehat13 Maret 2011 06.45

    @anonim:
    istilah yang benar adalah "perawatan saluran akar gigi", bukan perawatan akar gigi, ataupun perawatan gusi.
    kira-kira perawatannya seperti pada video berikut ini: http://www.youtube.com/watch?v=K_nlBdf5hMw

    pasta itu fungsinya untuk mematikan saraf yang sudah terinfeksi, sehingga saluran akar dapat kita bersihkan. setelah saluran akar bersih dan steril, baru dapat ditambal tetap.

    BalasHapus
  30. gigi saya bleh di katakan keriting alias tidak rata tumbuhnya, sekarang bolong dua di bawah dan satu diatas, sebenernya saya trauma dng Dr.gigi, krn waktu kecil sy mau tambal gigi, dokter malah menghina gigi saya yang berantakan tumbuhnya(gingsul dan tidak rata),jadi sys enggan k Dr.gigi lagi, boleh minta referensi Dr.gigi yang sabar dan tidak jutek,sya tinggal di sekitar Mayestik Jak-Sel terima kasih

    BalasHapus
  31. GigiSehatBadanSehat10 April 2011 20.09

    wah, kalo rekomendasi kami tidak bisa memberikannya karena berkaitan dengan masalah etik kedokteran. mungkin bisa dicoba dengan bertanya kepada saudara atau teman, atau bisa juga ketika berkunjung ke praktik dokter gigi bertanya kepada pasien lain yg sedang menunggu mengenai dokter gigi yang akan merawatanya seperti apa.

    BalasHapus
  32. gigiku saat ini ada yg bolong, bolongnya di gigi geraham dan dari arah samping sblh pipi, bukan di atas gigi, kalo ada makanan yg masuk ke dlm lubangnya, akan terasa mendenyut. saya palin trauma kalo ke dokter gigi, paling takut kalo dokternya menggunakan alat semacam bor gt, rasa ngilu mendengar alat bor nya yg bt saya ga tahan, kepala mau pecah rasanya..,apakah pd saat gigi dibersihkan harus menggunakan alat bor itu, bisakah saya meminta ke dokter gigi agar jgn menggunakan alat alat bor itu.. tks

    BalasHapus
  33. GigiSehatBadanSehat8 Juli 2011 05.43

    @anonim:
    Anda tidak sendiri. Hampir semua orang takut dengan yg namanya bor gigi. Untuk itu,dokter gigi juga perlu menciptakan suatu komunikasi yang baik dengan pasien untuk memberikan pengertian kepada pasien mengenai perawatan yang akan dilakukan dan cara2 untuk mengurangi rasa takut.

    Tentu ada berbagai macam solusi untuk mengatasi rasa takut terhadap perawatan gigi. Contohnya bila Anda takut dengan suara bor gigi, Anda dapat menggunakan mp3 player agar dapat melakukan perawatan gigi dengan lebih nyaman.

    BalasHapus
  34. 4 bulan yang lalu saya cabut gigi.ketika saya bersihkan gusi bekas gigi yang dicabut, saya merasa ada gigi yang tertinggal. sy konsultasikan lg ke dokter gigi yang mencabut gigi saya, katanya tidak apa-apa.
    tapi sampai skrg gusi bekas gigi yang dicabut tersebut tdk menutup sempurna. kalau ditekan masih terasa sakit. saya jadi takut kalau-kalau masih ada akar gigi yang tertinggal dan nantinya justru jadi jalan masuknya bakteri ke dalam tubuh. mohon solusinya. trimakasih

    BalasHapus
  35. @anonim:
    Ada dua kemungkinan.
    Bisa giginya masih tertinggal, atau itu merupakan bagian tulang rahang yang tajam dan tidak tertutup gusi.
    Apabila bekas pencabutan masih sakit dan tidak menutup sempurna, apalagi sudah satu bulan lebih seperti ini, maka ada kemungkinan Anda mengalami apa yang disebut dengan kondisi dry socket.
    hal ini disebabkan karena setelah dicabut darah yang keluar terlalu sedikit, atau bekuan darah terlepas karena berkumur terlalu keras, meludah terlalu keras, ataupun merokok.
    Perawatan dry socket adalah kuretase ataupun dibuat perdarahan ulang.

    BalasHapus
  36. Trimakasih untuk penjelasannya.
    saya jadi ingat setelah cabut gigi waktu itu, darah yang keluar sedikit sekali.Sekitar 30 menit setelah pencabutan, kain kassa yang menutup bekas pencabutan saya ambil, ternyata darah sudah tidak keluar dan cuma ada sedikit darah di kain kassanya.padahal pas cabut gigi dulu2, darahnya banyak sekali sampai harus berkali-kali ganti kain kassa.
    untuk gusi yang belum nutup itu, misalnya saya biarkan dulu selama 2-3 bulan gitu berbahaya ga?
    Perawatan dry socket itu ada di klinik2 pribadi dokter gigi atau harus ke RSGM? thanks...

    BalasHapus
  37. @anonim:
    sebaiknya kondisi ini harus segera ditanggulangi karena dikhawatirkan infeksi dan peradangan bisa semakin parah.

    Perawatan dry socket dapat dilakukan di klinik gigi mana pun. Biasany dilakukan kuretase dan dibuat perdarahan ulang, diikuti dgn pemberian antibiotik dan analgesik.

    BalasHapus
  38. anak saya umur 3th,giginya banyak yg brlubang dan dia sring skit gigi,pas wktu kmarin dia skit gigi sampai bengkak pipinya bdan jg panas skli trus rawat inap,yg mau sya tanyakan apakh gigi susu bleh dcabut?klo sudah sperti ini gmn solusinya?padahal stiap dia abis mkan sllu skat gigi

    BalasHapus
  39. @anonim:
    Apabila gigi menurut dokter gigi masih bisa dirawat sebaiknya gigi tersebut dirawat karena gigi susu juga mempunyai peran penting untuk keluarnya gigi tetap di kemudian hari. Apabila susah tidak dapat dirawat tentu harus dicabut.

    Penyebab gigi berlubang adalah kebersihan mulut yang kurang. sikat gigi setiap habis makan bukan jaminan gigi tidak akan berlubang. cara sikat gigi yang kurang tepat, tidak menyikat gigi sebelum tidur, sering ngemil di luar jam makan utama dapat mengakibatkan gigi berlubang.

    BalasHapus
  40. saya masih bingung, sebenarnya saya mengalami dry socket atau ada akar gigi yang tertinggal. beberapa kali saya tanya ke dokter gigi, katanya tdk apa2, misalnya ada akar gigi yang tertinggal,ntar bakal muncul sendiri ke permukaan gitu...
    sebagai informasi tambahan,hasil rontgen sebelum pencabutan menunjukkan kalau akar gigi saya sudah membusuk (mahkota berlubang sedikit).
    setelah 4 bulan pencabutan, gusinya juga tidak kempes (masih seperti gusi disamping2nya yang ada gigi sehatnya). kalau saya liat gusi bekas pencabutan yang sebelumnya, permukaan gusi menutup rapat, trs gusi bagian samping cekung kedalam (kempes/seperti mengkerut krn sudah tidak ada isinya lagi)

    BalasHapus
  41. apakah gusi yang turun bisa dikembalikan seperti semula? kl bisa gmn caranya?
    kata dokter gigiku, caraku menyikat gigi kurang tepat dan akibatnya gusi turun.

    BalasHapus
  42. gigi geraham atas saya berlubang dan sebagian sudah tertutupi oleh gusi, dan gusinya pun bengkak, sebelumnya saya pernah ingin dicabut namun dokter giginya bilang saya harus minum obat dulu biar gusinya ga bengkak, soalnya dokter wktu itu ga berani buat cabut. Saya ga lanjutin konsultasi krena ga berani, apakah kalau dibiarkan ( tidak dicabut) akan berbahaya?

    BalasHapus
  43. @anonim:
    kalau kata dokter tidak ada apa2 berarti kemungkinan itu dry socket...biasanya dokter selalu memberitahukan kalau masih ada akar yang tertinggal,dan meminta pasien untuk kembali dicabut apabila akar gigi sudah muncul kembali ke permukaan gigi

    BalasHapus
  44. @setia:
    perawatan gusi yang turun bermacam2.
    apabila mengganggu estetik bisa ditambal menggunakan bahan tambal yang sewarna gigi, ataupun bisa pula dengan cangkok gusi.

    apabila tidak mengganggu estetik tapi dia membuat gigi menjadi sensitif (linu) maka dilakukan perawatan gigi sensitif.

    BalasHapus
  45. @anonim:
    iya, kalau gigi berlubang dibiarkan tentu akan bertambah parah. apalagi gigi belakang biasanya pembentukan lubangnya lebih cepat.

    BalasHapus
  46. gigi geraham bawah kanan dan kiri saya hampir semua berlubang malah mahkota gigi udah tanggal, penanganannya apakah harus d cabut atau gmna?sy malu dan minder ke dokter, tolong mnta solusinya??

    BalasHapus
  47. @sehat selalu:
    Apabila mahkota gigi yang berlubang masih cukup tebal, maka gigi masih dapat dipertahankan dengan cara dilakukan perawatan saluran akar lalu gigi ditambal. Bila mahkota sudah tidak ada, ada baiknya gigi dicabut sebelum terjadi infeksi lebih lanjut.

    Namun, dengan kemajuan perawatan yang sudah ada, gigi yang tinggal sisa akar pun masih dapat dipertahankan untuk dijadikan sandaran gigi tiruan agar gigi tiruan lebih stabil dan nyaman dipakai.

    BalasHapus
  48. skg ini saya pnya 2 gigi berlubang di bagian geraham yg letaknya bersebelahan. lubangnya sudah lbar yg 1 mlah ud tinggal pangkalnya ja. mau k dokter gigi takut. dan kalau dicabutpun saya takut karna harus kehilangan 2 gigi yang letaknya bersebelahan. kalau tidak di cabut saya juga takut kalau2 ada infeksi di organ tubuh saya. akhir2 ini saya merasakan pening kepala. gmn solusinya ya

    BalasHapus
  49. @anonim:
    Kalau tidak mau dicabut, gigi tersebut masih bisa dipertahankan dengan dilakukan perawatan saluran akar lalu ditambal atau dibuatkan mahkota gigi baru.
    Silakan konsultasi langsung dengan dokter gigi, kalau beliau tidak sanggup mempertahankan gigi tersebut, cobalah konsultasi dengan dokter gigi spesialis konservasi gigi.

    BalasHapus
  50. sudah setahun ini saya memiliki masalah pada gigi saya.Gigi geraham kanan saya berlubang dan tidak bisa digunakan lagi untuk mengunyah,dan ditambah lagi dengan adanya gigi geraham yang tumbuh miring disamping gigi berlubang tersebut.

    yang ingin saya tanyakan,apakah masih bisa gigi saya yang berlubang tadi dapat mengunyah lagi bila di bawa kedokter,dan kira2 biaya nya berapa?
    dan apakah gigi saya yang tumbuh miring itu dapat diluruskan posisinya?...tlong ya solusinya trimakasih...

    BalasHapus
  51. @anonim:
    Idealnya bila gigi berlubang tersebut masih memiliki struktur yang baik, dan jaringan pendukung yang sehat, maka gigi tersebut masih dapat dirawat dan nantinya digunakan kembali untuk mengunyah.

    Untuk masalah gigi geraham yang miring, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter gigi spesialis ortodontik.

    BalasHapus
  52. Dok, gigi geraham atas saya sudah berlubang lumayan dalam bagian sebelah kiri tampaknya sdh hilang akibat keropos. sekitar hampir 2bulan yg lalu Pernah merasakan sakit yg berdenyut di bagian gigi yang berlubang tersebut, namun skrg Tdk sakit lagi. Apakah syaraf gigi tsb sdh mati dok? Apakah bisa langsung di tambal gigi yg berlubang tsb? atau hrs dilakukan perawatan syaraf akar dulu? saya tunggu jawabannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan giginya sudah mati. Sekarang ada dia pilihan, 1. Dilakukan perawatan saluran akar atau 2. Dicabut.

      Hapus
    2. tapi dok saya takut kalo dicabut.. takut kena syaraf. gimana dok tolong kasih solusi untuk saya.saya tunggu jawabannya. terimakasih

      Hapus
  53. dok dari artikel yang di atas, apkah jika sudah infeksi ke pipi, pipi jadi membengkak, apakah pembengkakan tersebut dapat kempes lagi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu bisa. Biasanya akan dibuat sayatan kecil untuk membantu keluarnya nanah ataupun dengan mencabut gigi yang bermasalah. Lalu pasien diberikan antibiotik untuk jangka waktu tertentu.

      Hapus
  54. sebenarnya kematian bisa dicegah jika saja tingkat kesadaran kesehatan gigi dan mulut di Indonesia sudah meningkat...
    masih sulit bagi masyarakat kita untuk meninggalkan kebiasaan bahwa "kalau belum sakit gigi, belum ke dokter gigi" , sehingga masalah2 yg lebih kompleks sering tidak disadari dan kalaupun disadari sudah terlambat

    BalasHapus
  55. makasih banyak ya gan buat infonya

    BalasHapus
  56. dok, mau tanyaa.. kalo istilah 'vocal infeksi' itu gmn ya dok? kalo misal dari sakit gigi terus menjalar ke penyakit paru, ke otak, seperti itu gimana dok? itu masuk vocal infeksi yaa? mohon penjelasannyaa.. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. focal infection atau fokal infeksi merupakan suatu kondisi dimana infeksi yang terjadi pada suatu bagian/site/focal, misal infeksi jaringan gusi, menyebar ke jaringan yang lain di dalam tubuh, misal ke jantung. penyebaran infeksi ini melalui aliran darah.

      contoh yang diberikan nia sudah betul. tapi yang menjalar bukan sakit gigi, tapi infeksi giginya (kuman/bakteri) yang menyebar ke jaringan tubuh yang lain.

      kalau penjalaran sakit beda lagi kasusnya. misal: rasa sakit berdenyut pada gigi dapat menjalar ke kepala, itu bukan fokal infeksi.

      mudah2an terjawab.

      Hapus
    2. oh, iya dok ..terimakasih..
      ada contoh lainnya gak dok? selain itu ? :D

      Hapus
  57. Bagi teman-teman yang mau download Aplikasi BlackBerry gratis...kesini aja :

    http://softwarebb.blogspot.com/

    BalasHapus
  58. gigi saya ada 2 yang item-item,dan yg satu berlubang besar dibagian belakang,saya sering pusing dan tubuh saya selalu lemas,napsu makan saya kurang tidak bertambah/tidak berkurang. Saya sudah meminum Curvit secara teratur, tapi tetap saja lemas. Apakah gigi berlubang dapat menyebabkan tubuh lemas? Apa jalan terbaiknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada hubungan antara gigi berlubang dengan badan yang menjadi lemas. Silahkan hubungi langsung dokter pribadi Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Terima kasih.

      Hapus
  59. gigi saya ada 2 yang item-item,dan yg satu berlubang besar dibagian belakang,saya sering pusing dan tubuh saya selalu lemas,napsu makan saya kurang tidak bertambah/tidak berkurang. Saya sudah meminum Curvit secara teratur, tapi tetap saja lemas. Apakah gigi berlubang dapat menyebabkan tubuh lemas? Apa jalan terbaiknya?

    BalasHapus
  60. gigi saya ada lubang 1 geraham sdah hampir 8 tahun gak pernah buat mengunyah kok banyak karang giginya ya lubangnya jg udah parah mau ke dokter malu mohon pencerhanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi yang tidak pernah dipakai mengunyah biasanya akan mengalami penumpukan plak karena proses mengunyah sendiri juga memiliki kemampuan untuk membersihkan gigi secara terbatas. plak yang sudah menumpuk ini lama kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi.

      oleh karena itu, semua gigi baik di sisi kanan dan kiri harus digunakan untuk mengunyah. apabila ada yang tidak dapat dipakai mengunyah, misal karena berlubang atau sakit, maka gigi tersebut harus dirawat agar dapat digunakan kembali untuk mengunyah.

      untuk karang gigi dapat dibersihkan di dokter gigi. tidak perlu malu, karena dokter gigi sudah terbiasa merawat pasien dengan karang gigi yang banyak.

      Hapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segala tindakan yang dilakukan dokter tidak lepas dari risiko. Namun, dokter yang baik tentu tahu cara meminimalisir atau bahkan menghilangkan faktor risiko tersebut.

      untuk gigi mbak, silahkan konsultasi langsung dengan dokter gigi supaya tahu apakah gigi tersebut masih dapat dilakukan perawatan atau harus dicabut.

      Hapus
  62. dok jika gigi geraham bawah sudah berlubang parah sampai keluar darah..apa pilihan yang harus dilakukan?kalo dicabut takut kena syaraf. tolong kasih solusi nya ya dok. :) ditunggu jawabannya. Terimakasih :s

    BalasHapus
  63. saya mau tanya dok , gigi saya yg dpan mengalami caries sehingga harus dicabut , tentu saja membuat sy malu karena mempengaruhi estetika , dokter gigi menganjurkan ke dokter ahli prostodonti untuk pasang gigi palsu , yg ingin sy tanyakan , gigi palsu tsb permanen atau harus di ganti dlm jangka waktu tertentu ? Mohon penjelasannya dok , terima kasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu ada yang dipasang permanen (cekat) ada yang dipasang lepasan (dapat dilepas).
      Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan.

      Untuk kasus Anda, saya tidak bisa menentukan lebih tepat menggunakan yang mana karena saya tidak melihat kondisi rongga mulut Anda secara langsung. Jadi, silahkan berkonsultasi langsung dengan spesialis prostodonsia untuk menentukan perawatan yang tepat untuk Anda.

      Hapus
  64. dok, gigi geraham bagian bawahku berlubang sudah 2 tahun, dan hampir setahun tumbuh tonjolan gusi dalam lubang gigi tapi ga sakit kecuali sikat gigi agak ngilu.. selama berlubang malah jarang sakit gigi..
    aku masih takut ke dokter, takut divonis macem2 karna pembengkakan gusi..
    apakah berbahaya yang saya alami itu dok? dan kalau dicabut, apakah tidak beresiko buruk pada saraf atau organ tubuh lain??
    kira2 apa efek yan terjadi jika dilakukan pencabutan gigi pada kondisi gigi seperti itu??
    makasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear mbak Eka,
      gigi tersebut sudah tidak menimbulkan sakit karena saraf gigi tersebut menang sudah mati. Lubang gigi tersebut sudah terlampau besar hingga mencapai ruangan saraf di dalam gigi, timbul proses peradangan, lalu saraf gigi menjadi rusak dan mati. apabila saraf gigi sudah mati, maka dia tidak akan merasakan sakit lagi.

      Namun, hal ini bukan berarti kabar baik. Gigi yang berlubang besar akan menjadi jalan masuk kuman ke d

      Hapus
    2. GigiSehatBadanSehat30 Desember 2012 20.54

      Namun, hal ini bukan berarti kabar baik. Gigi yang berlubang besar akan menjadi jalan masuk kuman ke dalam gusi di bawah gigi tersebut. Kuman yang masuk akan menimbulkan infeksi yang akan berlanjut menjadi pembentukan abses sampai kista gigi.

      Sebelum hal itu terjadi, alangkah lebih baik bila gigi dirawat sesegera mungkin sebelum timbul infeksi yang lebih parah.

      Apabila struktur mahkota gigi masih cukup tebal, maka gigi dapat dilakukan perawatan saluran akar dengan beberapa kali kunjungan sampai akhirnya ditambal. Alternatif lain, gigi tersebut dapat dicabut. Jangan khawatir, gusi yang tumbuh tersebut insyaAllah tidak akan menimbulkan masalah setelah dilakukan pencabutan.

      Hapus
  65. Dok,saya mau tanya ni. Apa aja sih dampak dari cabut gigi geraham bagi kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kalau tidak keberatan boleh diperjelas pertanyaannya?
      Apakah maksudnya:
      1. Risiko pada tindakan pencabutan gigi
      atau
      2. Dampak ompongnya gigi geraham terhadap kesehatan?

      Hapus
  66. Dok, gigi geraham atas sebelah kiri saya sudah berlubang cukup lama dan lubangnya juga sudah membesar, bahkan hingga gusinya mengeluarkan darah, mau saya cabut tapi takut menimbulkan efek samping, sebaiknya apa yang hrus saya lakukan dok? Mencabutnya atau ada perawatan khusus supaya dapat menghilangkan bau mulut yang tidak enak? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabutan gigi tidak ada efek sampingnya apabila dilakukan oleh tenaga profesional.

      Yang seharusnya ditakuti adalah apabila gigi yang rusak tersebut tidak dicabut sehingga menjadi sumber infeksi. Akibatnya bisa seperti yang Anda baca pada artikel di atas.

      Cara menghilangkan bau mulut adalah dengan menghilangkan sumbernya. Bila sumbernya dari plak yang menempel pada karang gigi, maka karang gigi harus dibersihkan. Apabila sumbernya dari gigi berlubang, maka gigi tersebut dapat ditambal, dirawat endodontik, atau dicabut, sesuai kondisi giginya.

      Tentunya akan lebih baik bila berkonsultasi langsung dengan dokter gigi. Silahkan kunjungi dokter gigi di puskesmas, rumah sakit atau klinik gigi terdekat.

      Hapus
  67. Dok, sya punya 5 gigi berlubang, geraham kanan dan kiri masing-masing 2 dan atas kanan 1, setahun yg lalu saya memberanikan diri kedokter gigi dan dokter gigi itu bilang semuanya harus di cabut tanpa ada solusi lain, dan waktu itu gigiku langsung dicabut 2 berdampingan yaitu geraham bawah kiri, pdhal gigiku meskipun lubang gk pernah ngerasain sakit, waktu itu ku pikir gigiku akan di tambal atau masih bisa di rawat, apa benar/apa ada resiko jika ke5 gigiku yg tinggal 3 lubang ini di cabut semua dok?
    Aku trauma ke dokter gigi ini, krn Dokter yg ku datangi memang rada aneh n jutek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memilih dokter sama juga dengan memilih layanan jasa lainnya. Tiap dokter tentu beda pelayanan karena masing-masing memiliki kepribadiannya sendiri.

      Saran kami, bila memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dengan seorang dokter, silahkan coba mencari dokter lain.

      Pilihlah dokter ataupun dokter gigi yang memberikan layanan dengan sepenuh hati. Akan terlihat dari cara menjelaskan suatu kasus penyakit yang kita miliki, cara dia menyampaikan prosedur perawatan dan alternatif perawatan apa saja yang dapat dilakukan.

      Hapus
  68. Dok, gigi sy berlubang dan ini berlangsung sudah lama kemarin dicabut cuman setengah, yg setengahnya masih tersisa , kemarin gigi sy sakit dan timbul bintil kecil bernanah digusi dan skrng bintil kecil hilang nanahnya digusi bagian bawah timbul bintil yang lebih besar gusi sy sampai bengkak , tapi belum kelihatan nanahnya , apa ini cuman bengkak biasa dok? atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, kemungkinan besar masih ada nanah atau istilah medisnya abses di dalam gusinya.

      Sumbernya tentu dari sisa gigi yang belum tercabut itu. Sisa gigi tersebut merupakan jalan masuk kuman yang ada di dalam mulut untuk masuk ke dalam gusi. Infeksi kuman di dalam gusi tersebut menghasilkan produk sampingan dari proses radang yang disebut abses.

      Solusinya, Anda saat ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Bila ada dokter gigi spesialis bedah mulut, silahkan berkonsultasi langsung dengannya.

      Ada kemungkinan sisa gigi yang belum tercabut memerlukan prosedur pencabutan khusus. Dan pada kasus infeksi seperti ini, biasanya dokter akan langsung meresepkan antibiotik untuk melawan kuman di dalam tubuh.

      Hapus
  69. oke ,dok makasi masukannya,, sy mau cepat2 ke dokter.

    BalasHapus
  70. Dok, saya mau tanya, umur sya 20 tahun, gigi saya hampir ke semua nya belubang, terutama bagian depan, ada 2 gigi depan saya yg hitam, dan selebih nya udah pecah" dan bolong gt dok, gigi saya berlubang karna wktu sya SD saya suka diamin nasi di mulut saya, dan tidur pun bgitu dok, hingga nasi di mulut saya tersa manis, mungkin gara" itu gigi saya banyak berlubang sekarang, kemaren saudara saya mnyuruh untuk di tambal, kata orang gigi yang di tambal itu lubang nya ,masih kecil, sedang lubang gigi depan saya udah besar, mohon di bls ya dok, apa yang harus saya lakukan,, trimakasih bnyk sblmnya dok,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya baru dibalas.
      Gigi yang lubangnya sudah sangat besar, masih dapat dilakukan penambalan. Hanya saja memang biayanya lebih mahal dan biasanya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis konservasi gigi yang dapat melakukannya dengan baik.

      Namun, tetap kondisi gigi Anda harus dilihat langsung. Kami tidak dapat menentukan dengan pasti perawatan dan alternatif perawatan yang tepat untuk Anda bila tidak melihat langsung giginya.

      Saran kami, silahkan berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis konservasi gigi terdekat di daerah Anda. Salam : )

      Hapus
  71. Dok, saya sudah 3 minggu gusi di gigi geraham kiri bawah bengkak. Sakit sih ga cuma ga enak buat makan. Mau periksa gigi takutnya klo seperti dulu yaitu saat dicabut saya dikasi obat penghilang rasa sampai sama sekali mulut nggak ngerasain apa2x trus 2 jam setelah dicabut sakitnya melebihi waktu belum dicabut. Klo ini dicabut ato cuma dikasi obat untuk mengempiskan bengkaknya ya dok? Makasih. Saya tunggu infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, bila yang Anda takutkan adalah rasa sakit setelah efek obat suntiknya hilang, Anda dapat meminta ke dokter yang merawat untuk diberikan obat pereda sakit yang lebih kuat. Obat ini diminum setelah atau sebelum gigi dicabut.

      Jadi, 2 jam setelah dicabut dan efek obat suntiknya hilang, maka masih ada obat efek pereda nyeri dari obat pereda nyeri yg diminum sebelum atau sesudah cabut tadi.

      Untuk masalah gusi bengkak, kami tidak bisa menentukan perawatan yg tepat, apakah harus dicabut atau perawatan lain, bila kami tidak melihat langsung kondisi di dalam mulut.

      Saran kami, silahkan konsultasi langsung dengan dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis bedah mulut terdekat.

      Hapus
    2. Kepala saya sering pusing terus seperti ada tekanan di kepala dan di antara kedua mata.., kebetulan sering juga keluar darah di area gusi . apakah ada hubungannya dengan masalah gigi dok ? tolong jelaskan ! terima kasih.

      Hapus
    3. Rasa nyeri tersebut tampaknya tidak berhubungan dengan masalah perdarahan pada gusi. Kemungkinan besar ada penyebab lain dari sakit kepala Anda. Silahkan berkonsultasi langsung dengan dokter pribadi Anda. Trims.

      Hapus
  72. Doc, sy sudah 1thun ini gigi gerham atas brlubang kecil, ktika gigi sy sakit ga ad nanah maupun pmbekakan dipipi, n untungny gigi sy tidak mkin besar lubangny" krn sy sdh rajin sikat gigi,cuma ad bau yg kurang sedap,jd sy bru mncoba obatkmur, apakah tidak apa doc kalo sy kumur lasterin untuk mnghilngkn bau mulut, apakah tidak memperparah gigi sy doc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas eko,
      obat kumur yang mas eko sebutkan tidak akan memperparah kondisi gigi.

      hanya saja, jika digunakan untuk menghilangkan bau mulut, obat kumur bukanlah pilihan yang tepat. karena obat kumur hanya menghilangkan bau mulut untuk sementara saja.

      penyebab bau mulut bisa dari gigi yang berlubang, atau gusi yang meradang. bila penyebabnya gigi berlubang, tentu harus ditambal. bila penyebabnya gusi yang meradang, maka perlu dilakukan perawatan pembersihan karang gigi.

      bila penyebab sudah dihilangkan, bau mulut pun akan hilang tanpa perlu menggunakan obat kumur lagi.

      Hapus
  73. Saya mau tanya, gigi gragam sebelah kanan atas saya berlubang, dan juga ada karang giginya, tapi lubangnya tidak terlalu kecil, dan tidak terlalu besar, bisa dikatakan lubagnya berbentuk garis, dan daerah sisi lainnya tertutup gusi, jadi kalo dipake makan suka berdenyut apakah gigi yg seperti itu harus di tambal atau harus dicabut, apabila tidak keduanya akan tidak bisa dipakai makan dan akn tumbuh menjalar karang giginya ?
    Mohon balasannya, trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak kartika,
      sayang sekali kami tidak bisa melihat gigi mbak secara langsung, sehingga agak kesulitan untuk menentukan diagnosis penyakit yang tepat.

      yang pasti, gigi mbak tersebut butuh dua penanganan. yang pertama, pembersihan karang gigi. karang gigi yang tidak dibersihkan berhubungan dengan proses preadangan gusi. peradangan gusi yang terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada jaringan pendukung gigi. bila jaringan pendukung gigi rusak, gigi tidak akan mendapat dukungan dengan baik, maka gigi dapat goyang dan lepas dengan sendirinya.

      yang kedua, untuk gigi yang berlubang tentu harus dilakukan penambalan bila masih memungkinkan. namun, apabila kerusakan gigi sudah cukup parah, mau tidak mau gigi tersebut harus dicabut untuk menghindari infeksi lebih lanjut.

      silahkan mbak berkonsultasi langsung dengan dokter gigi kepercayaan mbak.

      Hapus
  74. Mau tanya dong dok...!!
    Gigi atas saya awalnya berlubang ada 3 gigi trus sudah pada patah sekarang tinggal sisa sedikit hampir rata dengan gusi,ada rencana mau pasang gigi palsu.
    Yang mau saya tanyakan :
    1.Apakah saya harus mencabut sisa gigi saya sebelum di
    di pasang gigi palsu ?
    2.Apakah masih bisa di cabut sisa gigi saya yang hampir rata
    dengan gusi ?
    Terimakasih sebelumnya dok....tolong di balas ya dok....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Pak Andi:
      1. Bisa dicabut, bisa juga dilakukan perawatan saluran akar dulu pak.

      Keuntungannya, bila dicabut tidak membutuhkan waktu yg lama. Sekali kunjungan langsung selesai.

      Bila dilakukan perawatan terlebih dahulu mungkin minimal bisa 3 kali kunjungan atau lebih sampai akhirnya akar tersebut dapat ditambal. Keuntungan utamanya, akar gigi dengan tambalan yg disebut copping ini akan memberikan stabilitas yang lebih baik untuk gigi tiruan.

      Yang tidak boleh dilakukan itu, membuat gigi tiruan dengan meninggalkan sisa akar gigi yang tidak dirawat, hanya diratakan saja seperti yang banyak dilakukan oleh beberapa tukang gigi. Bila ada tukang gigi yang menganjurkan hanya diratakan saja sisa akarnya, sebaiknya memilih tukang gigi lain yang menganjurkan untuk dicabut atau dapat pula berkonsultasi langsung dengan dokter gigi.

      2. Gigi yang sudah rata dengan gusi masih dapat dicabut. Bahkan gigi yang terpendam di dalam gusi juga dapat dicabut dengan tindakan bedah sederhana.

      Mudah-mudahan terjawab ya Pak.

      Hapus
  75. Maaf pak dokter mau tanya lagi boleh ya..""
    Apakah pemasangan gigi palsu di tukang gigi yang banyak kita jumpai di pinggir jalan itu bgus kwlitasnya ? jika tidak dan harus di lakukan pemasangan dengan dokter gigi kira" berapa biayanya dok ? dan jika saya sudah memakai gigi palsu nantinya akan ada efek sampingnya ga dok ? misalkan gusi terasa berdenyut.
    Sebelumnya trimaksih banyak dok.
    maaf dah banyak nanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Pak Andy,
      maaf baru bisa menjawab.

      Mengenai kualitas, relatif pak. Tentu ada yang bagus dan kurang bagus. Dokter gigi pun begitu, ada yang bagus dan kurang bagus. Karena mereka semua adalah manusia biasa yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

      Namun, perlu diingat. Pembuatan gigi palsu yang diperbolehkan dilakukan oleh tukang gigi adalah jenis gigi palsu yang dapat dilepas pasang. Selain itu tidak diperbolehkan untuk melakukan perawatan yang lain. Hal ini sudah diatur dalam aturan menteri kesehatan.

      Untuk dokter gigi sendiri, mereka memang sudah memelajari ilmu kesehatan yang benar. Dan diharapkan, mereka dapat menerapkan ilmu kesehatan ini dalam pembuatan gigi palsu. Namun, Pak Andy sebagai pasien juga tentu harus pintar-pintar memilih dokter. Tanyakan kepada keluarga ataupun sahabat, dokter gigi mana yang mereka rekomendasikan untuk berkonsultasi.

      Jadi, silakan Pak Andy memilih mana yang baik menurut Pak Andy.

      Untuk harga, maaf kami tidak bisa menjabarkannya di sini karena terikat dengan kode etik kedokteran.

      Bila gigi palsu dibuat mengikuti prinsip ilmu kesehatan yang benar, insyaAllah tidak akan menimbulkan efek samping yang berat.

      Hapus
  76. salam dok,

    saya pernah pasang kawat gigi di dokter gigi tetapi belum spesialis orto, hasilnya kurang memuaskan, sekarang gigi saya sakit sampai terasa kebagian kepala dan leher, setelah ke dokter katanya abses dan berlubang, saya disarankan mencabut gigi yang sakit tersebut, yang ingin saya tanyakan, apakah ada hubungan tata letak gigi yang tidak benar dengan timbulnya lubang dan abses? terima kasih balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas.

      Susunan gigi yang tidak rapi memang menyulitkan untuk dilakukannya pembersihan gigi secara optimal. Plak akan sulit dibersihkan dengan sikat gigi, sehingga plak yang tidak tuntas dibersihkan ini tentunya akan menimbulkan masalah seperti gigi berlubang dan radang gusi.

      Tapi bukan berarti susunan gigi yang tidak rapi pasti akan menyebabkan timbulnya lubang gigi. Karena apabila dibersihkan dengan optimal, gigi yang berantakan pun akan dapat terhindar dari lubang gigi. Caranya adalah dengan menggunakan alat bantu tambahan untuk membersihkan gigi, misalnya benang gigi/dental floss.

      Jadi, apabila susunan gigi ada yang tidak rapi biasanya dokter akan sangat menganjurkan untuk menggunakan benang gigi sebagai tambahan setelah menyikat gigi. Lakukan setiap hari, terutama sebelum tidur.

      Hapus
  77. Dwi syahroni28 Mei 2013 15.58

    assalamualaikum...

    dok saya mau betanya..gigi geraham saya rusak parah ingin sekali rasanya dicabut tp saya juga penderita diabetes yg menurut dokter saya tdk boleh melakukan cabut gigi, bisa kasih solusi nya dok krna saya sudah merasakan sakit kepala gara" gigi hampir 6 bln ...terima kasihhh atas jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wlkm salam.
      maaf baru sempat membalas.

      betul sekali bu, penderita diabetes sebaiknya tidak melakukan pencabutan gigi atau jenis operasi lainnya sampai kondisi diabetes nya terkontrol.

      saran kami, konsultasikan kondisi diabetes ibu kepada dokter penyakit dalam. apabila dirasa sudah terkontrol, maka dokter penyakit dalam akan memberikan izin untuk melakukan pencabutan gigi di dokter gigi.

      Hapus
  78. Halo Dok,

    kebetulan saya nemu web ini, saya mau tanya dok...gigi geraham saya ( kiri atas kedua dari belakang ) itu masih dlam kondisi utuh, tidak berlubang besar. Hanya saja ada seperti garis berwarna hitam dan setitik lubang berwarna coklat - ukurannya lebih kecil dari lubang jarum-, kadang2 gigi saya ini sakitnya ga ketulungan, sampai sakit kepala dan terasa berdenyut. Saya sudah ke dokter gigi dan oleh dokter hanya ditambal pakai metoda sinar, tanpa di bor terlebih dahulu. Saat saya mengetik ini, sedang sakit berdenyut sudah lebih dari 3 jam. Saya sudah minum Ponstan tapi belum mereda juga sakitnya. Biasanya minum setengah kaplet, 10 menit langsung mereda, tapi kali ini tidak demikian. Saya sudah bertekad akan ke dokter gigi lagi begitu sakitnya sembuh.

    Yang mau saya tanyakan dok : kenapa dengan gigi saya ? tidak berlubang besar, dan sudah di tambaltapi masih saja sering terasa sakit bahkan sampai sakit kepala dan tegang leher bagian belakang ? Teman saya bilang, mungkin gigi bagian luarnya tampak normal tapi ternyata ada pembusukan/pengeroposan di bagian dalam, apakah bisa jadi begitu dok ?
    saya ingin benar2 lepas dari rasa sakit gigi ini, malah saya selalu harus sedia ponstan kalau2 sakitya mendadak kambuh. Oiya dok...kalau saya perhatikan seringkali timbul sakit gigi kalau saya lupa sikat gigi sebelum tidur.

    Tolong dibalas ya dok, saya butuh pencerahan. Maaf kalau terlalu panjang pertanyaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tiga kemungkinan penyebab nyeri gigi yang mbak alami (bisa salah satunya, bisa juga kombinasi ketiganya):
      1. Tambalan gigi sudah rusak
      2. Ada lubang baru yg tidak tampak
      3. Ketika ditambal, gigi belum tuntas dibersihkan.

      3 hal di atas, bisa menimbulkan peradangan pulpa (biasa disebut jaringan saraf gigi).

      Dari rasa nyeri yang mbak rasakan, kemungkinan besar gigi memerlukan perawatan saluran akar gigi/saraf gigi.

      Tidak perlu menunggu sakitnya hilang, karena mbak bisa langsung datang ke dokter gigi, dan diberikan suntikan obat yang akan langsung menghilangkan rasa nyeri dengan segera. Rasa nyeri akan langsung hilang, dan gigi dapat langsung dilakukan perawatan saluran akar.

      Salam sehat.

      Hapus
  79. saya punya gigi atas depan yang berlubang dan juga hitam,, bagaimana yak cara mengatasinya agar kembali normal, saya mao ke dokter takut dikoment doang ntar dapet malu doang itu mah... Mohon solusinya,,, balesnya ceper ya dok please.... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu dokter gigi tidak akan membiarkan gigi yang bermasalah seperti itu, karena gigi tersebut tentu membutuhkan perawatan.

      Apabila gigi tersebut lubangnya belum sampai ke saraf gigi, maka gigi dapat langsung dilakukan penambalan.

      Namun, bisa lubang sudah sampai saraf gigi, maka saluran saraf gigi akan disterilkan terlebih dahulu sebelum ditambal.

      Tidak usah ragu untuk berkunjung ke dokter gigi ya. Tanyakan perawatan apa yang bisa dilakukan untuk gigi tersebut, dan tanyakan pula apakah ada alternatif perawatan lainnya.

      Hapus
  80. makasih dok langsung dibales, dokternya update ngt nich, bagus'' :D
    Tapi saya mao nanya lagi nich, emang gigi depan atas bisa ditambal yak ? trus itu gmna ntar klo udah ditambal apa hitam''nya akan hilang dan bisa seperti normalnya ???
    Dan klo boleh tau kira'' biaya penambalan gigi permanen brpa ya dok ? Makasih, langsung bales yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang menentukan suatu gigi bisa ditambal bukan lokasi nya di depan atau di belakang, tapi kondisi jaringan gigi yang masih tersisa dan hal2 klinis lainnya. Jadi kami pun tidak bisa menentukan gigi Anda bisa ditambal atau tidak jika tidak melihat secara langsung.

      Gigi yang rusak, setelah mendapat perawatan dapat kembali berfungsi dan memiliki tampilan seperti gigi sehat alami.

      Untuk tarif, tiap dokter gigi tentu memiliki tarif perawatan yang berbeda. Pasti beda harga di Puskesmas dengan klinik swasta mewah. Jadi, untuk tarif, Anda sendiri yg menentukan ingin dirawat di klinik yang seperti apa.

      Hapus
    2. lobangnya gak terlalu besar sich,..tapi ntar hitam''nya bisa hilang kan yak ?
      klo permanen suatu saat bisa lepas gak, apa kuat tahan lama ? Ditambal itu diapain sixh ? Di isi bahan tertentu yak ? Sakit gak dok ?
      Maav nannya trus tp kan ini penting makasih, mohon bantuannya yak

      Hapus
    3. iya, harus hilang hitamnya.

      gigi yang sudah ditambal, sama seperti gigi asli. apabila tidak dijaga kebersihannya, kelak dia akan berlubang lagi. jadi mutlak, sikat gigi harus dilakukan terutama sebelum tidur saat pembentukan lubang gigi dan karang gigi sangat progresif.

      gigi yang sudah ditambal, juga dapat lepas bila tidak dijaga dengan baik. jadi, patuhi instruksi dari dokter gigi setelah ditambal ya.

      Tambal gigi itu adalah menutup lubang gigi yg rusak, dengan suatu bahan tambal, sehingga bentuk gigi kembali seperti aslinya yang tanpa lubang.

      Prosesnya sendiri mungkin buat beberapa orang kurang nyaman karena linu, tapi rada linu ini dapat dihilangkan dengan penuaan anestesi.

      Lebih lengkap dan jelas, bisa minta ke dokter giginya untuk dijelaskan secara lebih detail ketika prosedur perawatan dilaksanakan.

      Hapus
    4. http://2.bp.blogspot.com/--IhkFZOzc3Y/T99VheNCKGI/AAAAAAAAAjg/vekZh7z7p8w/s1600/gigi-berlubang1.jpg

      dok model gigi saya seperti gambar yang ada pada link diatas, apa yang seperti itu bisa ditambal, dan masih bisa balik seperti gigi normal? trus bahan tambal giginya warnanya sama kan sama gigi asli ?
      dok maav yak nanya trus, saya sangat mohon solusi dan bantuannya ... cepet bales yak !

      Hapus
    5. Iya, masih bisa kembali seperti normal karena tambalan giginya sewarna dengan gigi asli.

      Berikut contoh gigi berlubang sebelum dan sesudah ditambal:
      http://www.identalhub.com/images/images/Composite%20filling%20done%20to%20restore%20carious%20front%20tooth.JPG

      Hapus
  81. Dok gigi graham bawah saya dua duanya berlubang dan yg satu di dalam gigi berlubang nya tumbuh semacam gusi gitu dan lama kelamaan gusi yg tumbuh di dalam gigi berlubang itu semakin besar dan terkadang rasa nya sakit, dan itu kenapa ya dok? Dan solusinya apa dok?.
    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua kemungkinan, gusi yang tumbuh tersebut merupakan pulpa polip atau gingival polip. Polip ini merupakan jaringan yang tumbuh akibat proses peradangan.

      Solusinya, gigi tersebut harus dilakukan perawatan saluran akar oleh dokter gigi, lalu ditambal. Alternatif lain, jika gigi suda terlalu rusak, mungkin gigi tersebut perlu dicabut.

      Konsultasikan langsung dengan dokter gigi, dan dokter gigi akan merekomendasikan alternatif perawatan yang terbaik untuk Anda.

      Hapus
  82. Halo Dok,

    Ini saya lagi. Mau kasih info perkembangan tentang gigi saya yg sering sakit meski sudah pernah ditambal, saya belum sempat ke dokter gigi krn jadwal kerja 3 bulan ini sedang padat sekali.

    1. sewaktu 2 tahun lalu selesai ditambal, hanya selang bbrp bulan setelahnya, rasa sakit berdenyut mulai muncul. Kondisi tambalan masih terlihat baik.
    2. sewaktu terakhir saya menanyakan ttg sakit gigi saya ke dokter ( tgl 1 Juli yg lalu ), setelah hilang rasa sakitnya, gigi geraham saya tiba2 terasa sangat ngilu jika saya minum air dingin (bukan air es), makanan/minuman yg panas, dan ketika saya mengunyah buah Kurma! ada apa dgn kondisi gigi saya ya dok ? kok tiba2 jadi sensitif setelah terakhir kali saya sakit gigi berdenyut?
    3. disekitar perbatasan tambalan dengan area gigi geraham saya, timbul warna kecoklatan dan seperti ada titik coklat.
    4. Biasanya untuk perawatan saluran akar gigi, harus berapa kali bolak-balik ya dok ?

    Terima kasih banyak dok, untuk jawabannya.

    BalasHapus
  83. Dok kan saya pasang gigi palsu di gi bagian depan yang besar nah ketika itu pengeborannya terlalu dalam sehingga menyebabkan berlubang nah di lubang itu kadang kadang mengeluarkan darah dok , itu apakah bahaya dok , mohon bantuannya karena saya takut

    BalasHapus
  84. saya mau tanya.,.2 gigi depan atas saya berlubang dan hitam,,trus di gusinya ada benjolan nanah tpi kcil,.itu solusinya bagaimana?

    BalasHapus
  85. Dok saya mau tanya... Umur saya sekarang 21 tahun. Trus hampir semua gigi saya hitam2. Terutama yang bagian depan. 2 gigi tengah atas saya masing2 setengah gigi asli yang menghitam dan setengahnya lagi adalah tambalan. Dulu kata mama waktu kecil saya sering panas jadi sering dikasih antibiotik. Apa antibiotik yang membuat gigi saya jadi hitam2? Lalu apa solusinya berkaitan dengan estetika? Karena jujur aja saya minder dok kalau disuruh senyum. Mohon bantuannya ya dok

    BalasHapus
  86. Dok, gigi geraham saya berlubang besar, namun tidak terasa sakit jika tidak digunakan untuk mengunyah makanan keras. Di gusi tempat melekatnya gigi tersebut muncul benjolan yang ukurannnya berubah-ubah. Kadang terasa padat dan kadang lunak. Apakah kondisi itu berbahaya? Karena rahang tepat dibawah gusi tersebut, jika ditekan terasa agak sakit dan seperti ada benjolan kecil. Sebaiknya penanganan apa yang dilakukan? Apa gigi itu harus dicabut?
    Terima kasih sebelumnya, Dok.

    BalasHapus
  87. dokter, usia saya baru 14 tahun tapi saya punya 2 gigi geraham berlubang yang sangat besar bahkan sudah lepas sebelah. dulu saya sering sakit kepala jika gigi berlubang saya sakit, tapi sekarang sudah tidak pernah sama sekali. apa itu tandanya gigi saya sudah mati? apa yang harus saya lakukan pada gigi saya? apa masih bisa ditambal atau harus dicabut? apa gigi dewasa yang dicabut masih bisa tumbuh lagi? kalau tidak apa kalau gusi dibiarkan tanpa gigi? mohon bantuannya.

    Terima Kasih :)

    BalasHapus
  88. Pak, bahaya juga y kla gigi kita tidak di jaga dengan benar?

    http://acemaxsmurah.org

    BalasHapus
  89. klau Gigi tidak di rawat apakah banyak resikonya y pak dokter?

    BalasHapus
  90. Gigi Geraham saya sudah lubang besar dan sudah trlihat gusi nya dan saya juga sudah mrsakan rasa pusing di kpla saya,, saya takut jika di cabut karena sakitnya luar biasa... dan saya mw brtnya apakah dgn kondisi ini msih bisa di tambal...? Please Answer!!

    BalasHapus
  91. Gigi saya berlubang sudah 5 tahun apakah bener" bahaya ya dok..

    setiap pusing kepala pasti gusi berdarah.. dulu sedikit sekarang banyak.. udah pernah mao cabut gigi tp takut resikonya coz ini katanya gigi graham kata dok klink nya..

    BalasHapus
  92. BURUAN BELANJA DI NATALIA SHOP DAPATKAN HARGA PROMO TERPERCAYA DI SELURU INDONESIA BEBAS RESIKO-BEBAS PENIPUA
    BERMINAT HUB-SMS:0857-1721-2287 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI
    http://www.natalia-shop7.blogspot.com/
    DIJUAL

    BLACKBERRY
    Asli Buatan Canada

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9900 Dakota
    Rp.1.500.000,

    Ready Stock !
    Blackberry Torch 9800
    Rp.1.200.000,

    Ready Stock !
    Blackberry bellagio 9790
    Rp.1.100.000

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9220 Davis
    Rp.650.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Torch 2 9810 Jennings
    Rp. 1.350.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9360 Apollo
    Rp.950.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Monza 9860
    Rp.1.400.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Keppler 9300 Curve 3G
    Rp.700.000,-

    SAMSUNG
    Asli Buatan Korea

    Ready Stock !
    Samsung L9100 Galaxy S2 - Black
    Rp. 1.000.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 8.9, 16GB - Pure Whit
    Rp. 1.600.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.7 Super AMOLED Plus
    Rp.1.500,000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Black
    Rp. 1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus
    Rp. 1.000.000.

    BalasHapus
  93. gigi saya berlubang besar di geraham bawah bagian kanan paling belakang dok,rasa nyerinya amat hebat bahkan sampai di bagian leher kanan bawah..setiap makan saya tidak dpt mengunyah dengan baik,bisa di bilang gigi geraham saya tidak dapat bertemu bagian yg atasnya dengan yg bawahnya..apa yg harus saya lakukan dok?

    BalasHapus
  94. dok,saya mau tanya,saya pernah pasang gigi palsu di tukang gigi,dan denger2 pasang gigi di tukang gigi efeknya gk baik,klo sya mw lepas gigi palsu itu apakah harus ke tukang gigi itulagi?atau dokter gigi bisa melepas n gnti dengan gigi palsu yang sehat,karena sya denger klo psang di tukang gigi lepasnya juga di tukang gigi,lalu bru psang gigi di dokter gigi,tolong pjlsannya dok,trmksh sblmnya

    BalasHapus
  95. Dok saya mau tanya. Anak saya masih berumur 5thn giginya sdah rusak, bagian mahkotanya banyak yg rusak sisa akarnya saja, yg jd masalah akarnya itu mpe keluar dri dinding gusinya, bahkan mpe ngelukain bibirnya.klo saya minta k dokter gigi untuk mencabutnya bisa g y dok?

    BalasHapus
  96. Dok saya mau tanya nih donk
    Gigi graham saya bolong hingga ke sisi kanan jadi bolongnya sampe ke samping, saya sudah pernah tambal trus tambalannya copot dok eh sekarang malah sakit banget sekarang
    Apa perlu di cabut dok?

    BalasHapus
  97. ,,dok ely mau tnya kalo gigi ely sudah berlubang trus goyang tp sakit trus g brhenti* smpe 5 hari,cara ngatasinya gmna y dok,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak ely, kemungkinan besar giginya sudah mengalami infeksi. sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. biasanya pada kunjungan pertama akan diberikan obat untuk mengatasi infeksi dan rasa nyerinya.

      Hapus
  98. dok, saya mau bertanya.
    gigi geraham saya udah habis semua gara2 keropos (usia saya 26 tahun). sisa akar dan bekas2 mahkota gigi yang sekarang hampir tertutup oleh gusi. karena itu saya menjadi kesulitan untuk makan,, ketika saya paksakan makan sesuatu yang keras, katakanlah ayam/bakso, di rongga mulut bagian atas ada benjolan dan sakitnya minta ampun. saya beri obat penghilang rasa sakit.. setelah 3-4 hari udah ga sakit lagi.. tetapi hal tsb selalu terulang ketika saya makan sesuatu yang keras/kenyal dsb.
    nah masalahnya kalau saya ingin mencabut semua gigi geraham yang ada di mulut saya, saya takut tidak dapat mengunyah lagi.. secara saya tahu gigi implan sangat mahal harganya..
    mohon pencerahannya dok, apa yang sebaiknya saya lakukan..

    Davi - Palembang,

    BalasHapus
  99. nama saya bagus: saya mau cabut gigi geraham yang berlubang tapi takut, kondisi gigi geraham bawah saya lubang jd tinggal akarnya sdikit dipinggrnya memutarrin lubang. kira-kra solusi apa yg harus saya lalkukan? trims

    BalasHapus
  100. Dok..sya udah 2 minggu mengalami gusi bengkak.skrg bengkaknya berupa benjolan dan nggak sakit lg..tapi kok nggak pecah2 ya dok.mohon petunjuknyo dok..terima kasih

    BalasHapus
  101. Dok, perawatan saluran akar itu seperti apa ? Apakah ckup dg mrngkonsumsi obat dr dokter saja ?
    Lubang gigi sya sdah besar sekali, dlu prnah di tambal tp d bongkar ktna sakit, skrg masih dibiarkan brlubang kata dokter gusi sya tdak sehat kalau sdah sehat mau d cabut, sya rutin mngunjungi dokter gigi tp selalu di katakan msih kurang sehat, hingga sya biarkan lubang ini dg perawatan sendiri ala kadarnya, dn sekarang gigi sya sakit lagi, dan vusinya bengkak, sya sudah minum obat apotek sperti yg biasa d berikan dokter tp rasanya tdak knjung brkurang .. bgaimna solusinya dok ?
    Nurul

    BalasHapus
  102. Dok mau nanya dong, usia saya 20tahun tapi masih ada gigi susu, jadi ceritanya dulu pas dicabut gigi susu ga sampe keakarnya jadi masih ada sisanya dan warnanya pun juga sudah berubah, dan kadang suka nyeri gitu, tolong solusinya dok, apakah bleh dicabut ?
    Maksih dok

    BalasHapus
  103. Dok, saya mau nanya saya ada gigi berlubang dan sudah saya tambal, setelah satu tahun gigi berlubang tersebut terkadang mengeluarkan darah dan berkarang juga. Gimana solusinya ya dok? Apa harus dicabut atau masih bisa dirawat? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  104. Dok gigi saya berlubang satu graham kiri bawah awalnya ga sakit , tpi skrg stengah dari didinya hitan semua dan sakit banget . .mohon sarannya dok

    BalasHapus
  105. Dok..sdh 5hr yg lalu gigi geraham knn bagian bwh sy di cabut,tp knp smpe skrng gusinya msh blm tertutup sempurna y,,dn msh sering mrsakn skt,bhkn smpe skt kpala dn leher bagian knn...apa ada solusinya..mksh dok

    BalasHapus
  106. Dok gigi geraham q sjak smp udh berlubang tp saya biarkan.trz thn 2013 kmrn lubangx muncul gusi dr lubang gigi.apa it berbhaya??

    BalasHapus
  107. Selamat sore .saya ahzudin Dok .. dri Wonosobo .. dok saya sudah 4 hari sakit gigi .. Gigi atas no 2 dri belakang berlubang .. hRi pertama dan ke dua saya selalu kumur paling tdak 30 detik sekali untuk melawan rasa sakit itu .. sering pake es batu .. padahal dulu sebelum sakit gigi itu sensitive dengan air es .. tpi ketika sakit mlah saya kumur dengan air atau air es . Rasa a benar " hilang sesaaat dok .. tpi ini hri ke 3 dan 4 saya sudah tidK kumur lagi . Sekarang malah sakit a klw gigi atas ( yg sakit tersebut ) bersentuhan dengan gigi yang ada di bawah ny .. sya harus bgaimna dok . Saya sudah tidak tahan

    BalasHapus
  108. dok gigi saya berlubang sakit hingga bengkak daerah leher sudah 1 minggu gak sembuh sembuh saya takut ke dokter gigi saya sudah ke dr umum tapi gak sembuh sembuh gimana dok ?

    BalasHapus
  109. dok gigi sya kn baru di tambal, trus knapa ya gusi ny selalu bengkak, setelah ditambl ? itu knapa ya dok?

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama