Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 10 Juni 2008

Memeriksa Adanya Resorpsi Akar Menggunakan Ginggival Crevicular Fluid (GCF)


Salah satu efek yang tidak diharapkan dari perawatan ortodontik adalah resorpsi akar. Sebelumnya, metode yang digunakan untuk mengetahui terjadinya resorpsi akar gigi adalah dengan menggunakan metode radiografi. Kini ada metode terbaru yang dipakai untuk mengetahui terjadinya resorpsi akar gigi yaitu metode analisis cairan krevikular gusi (GCF) yang menghitung jumlah protein matriks dentin spesifik, yaitu dentine sialoprotein, di dalam GCF

Metode analisis GCF ini dianggap sebagai metode yang lebih baik untuk dijadikan suatu biomarker untuk memonitor resorpsi akar gigi dibanding metode radiografi konvensional.


Abstrak The European Journal of Orthodontics 2008 30(3):307-314


1 komentar:

  1. terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://kesehatan.infogue.com
    http://kesehatan.infogue.com/memeriksa_adanya_resorpsi_akar

    anda bisa terus promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama